Rumah Honai, Alat Musik dan Senjata TRadisional Papua Dalam Busana Muslim

Fauziah, Nida (2020) Rumah Honai, Alat Musik dan Senjata TRadisional Papua Dalam Busana Muslim. Diploma thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Image
FOTO FASHION SHOW.rar
Restricted to Repository staff only

Download (433MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Karya Tugas Akhir ini terinspirasi dari Rumah Honai, Alat Musik Tradisional Papua Tifa, Senjata Tradisional Papua Busur, Panah, Tombak dan Perisai. Alasan menjadikannya sebagai sumber inspirasi ialah karena mengharapkan agar kebudayaan dan kekayaan yang ada di Papua semakin dikenal masyarakat luas. Sumber inspirasi tersebut kemudian diwujudkan kedalam karya busana muslim cocktail dengan desain yang sederhana dan bersifat ready to wear, bertujuan untuk kaum wanita yang ingin pergi ke acara pesta atau acara formal namun tidak ingin ribet tetapi tetap terlihat manis dan elegan. Metode penciptaan yang digunakan adalah metode penciptaan S.P Gustami yaitu metode tiga tahap enam langkah. Pengumpulan data pada penciptaan karya Tugas Akhir ini ialah studi pustaka, observasi, dan dokumentasi. Metode pendekatan yang digunakan ialah metode pendekatan estetis dan metode pendekatan ergonomi. Pada Tugas Akhir ini terciptalah 7 karya busana muslim cocktail dengan motif batik Rumah Honai, Alat Musik Tradisional Papua Tifa, Senjata Tradisional Papua Busur, Panah, Tombak dan Perisai yang terdapat dimasing-masing busana. Busana ini memiliki warna yang cerah, ditambah juga motif batik abstrak atau ciprat yang bertujuan agar kaum milenial tertarik pada batik khususnya batik Papua. Kata Kunci : Rumah Honai, Alat Musik Tradisional Papua, Senjata Tradisional Papua, Batik, Busana Muslim Cocktail. UPT Perpustakan

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Fauziah, Nidanim1600076025
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDKusumawati, Toyibahnidn0003017105
UNSPECIFIEDGaluh Indreswari, Annanidn0018047703
Department: KODEPRODI90311#BATIK DAN FASHION
Uncontrolled Keywords: Rumah Honai, Alat Musik Tradisional Papua, Senjata Tradisional Papua, Batik, Busana Muslim Cocktail.
Subjects: Kriya > Batik dan fashion
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > D3 Batik dan Fashion
Depositing User: Bandono BD Bandono
Date Deposited: 23 Oct 2021 03:11
Last Modified: 23 Oct 2021 03:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10197

Actions (login required)

View Item View Item