Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta

Purwantiningsih, Lintang (2021) Penerapan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Learning Dalam Pembelajaran Seni Musik di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Lintang Purwantiningsih_2021_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Lintang Purwantiningsih_2021_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lintang Purwantiningsih_2021_BAB PENUTUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Lintang Purwantiningsih_2021_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (103kB)
[img] Text
FIX FINAL JURNAL PENELITIAN LINTANG-converted.pdf

Download (1MB)
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk memahami dan melihat bagaimana penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw learning dan segi manfaat pada peningkatan keaktifan belajar dan sebagai pertumbuhan rasa sosial dalam diri peserta didik pada mata pelajaran seni budaya khususnya seni musik. Mengenai penelitian ini penulis menggunakan teori pembelajaran, wawancara dengan guru seni budaya, hasil dari belajar siswa, model pembelajaran kooperatif, dan jigsaw learning. Penelitian ini juga mengamati tentang mata pelajaran Seni Budaya khususnya Seni Musik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dua siklus mengggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Hasil akhir penelitian dan bahasan ditemukan dan disimpulkan bahwa pertama, metode Jigsaw adalah penerapan pembelajaran dengan menumbuhkan kerja sama sesama peserta didik kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta dengan membuat kelompok ahli dan menumbuhkan keaktifan siswa kepada guru maupun dengan teman-teman satu kelas; yang kedua; penerapan metode jigsaw learning dapat memajukan perkembangan rasa sosial peserta didik sehingga suasana kelas menjadi semakin efektif dan peserta didik secara aktif menjadi bertanggung jawab pada teman-teman satu kelompoknya dalam materi pengenalan genre musik dan keberagaman musik nusantara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Purwantiningsih, Lintangnim17101080132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTyasrinestu, Fortunatanidn0023107201
ContributorSurtihadi, R.M.nidn0005077006
Department: KODEPRODI91271#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Jigsaw learning; pembelajaran kooperatif; seni musik.
Subjects: Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Lintang Purwantiningsih
Date Deposited: 15 Nov 2021 05:08
Last Modified: 15 Nov 2021 05:08
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10259

Actions (login required)

View Item View Item