Evaluasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni di Tengah Pandemi. Studi Kasus Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

HARTONO, Fl.Agung (2021) Evaluasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni di Tengah Pandemi. Studi Kasus Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
Laporan Penelitian 2021.pdf

Download (952kB)
Official URL: http://isi.ac.id

Abstract

Penelitian tentang Evaluasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni di Tengah Pandemi. Studi kasus Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu menggambarkan keadaan subjek, baik seseorang, lembaga,masyarakat dan lain sebagainya serta didasarkan atas hasil observasi yang dilakukan serta memberikan argumentasi terhadap apa yang ditemukan di lapangan dan dihubungkan dengan konsep teori yang relevan. Pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 banyak berdampak terhadap aktivitas normal yang dilakukan manusia, termasuk kegiatan perpustakaan yang selama ini dilakukan. Aktivitas penghentian layanan perpustakaan secara manual untuk menghindari kontak langsung dengan pemustaka sebagai tindakan dalam pencegahan dan penularan Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan layanan digital yang dilakukan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Analisis data yang penulis pergunakan adalah Analisis data menggunakan teori evaluasi. Analis tersebut (teori evaluasi) merupakan proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk mengumpulkan, mendeskripsikan, menginterpretasikan dan menyajikan informasi tentang suatu program untuk dapat digunakan sebagai dasar membuat keputusan, menyusun kebijakan maupun menyusun program selanjutnya. Layanan dalam jaringan (daring) menjadi solusi layanan yang tepat. Kebijakan layanan daring tersebut direspon oleh pemustaka dengan beragam pendapat dan saran. Dari evaluasi yang dilakukan pemustaka menghendaki layanan daring tetap dijalankan dengan terus berupaya mencari inovasi layananan yang berbasis teknologi digital agar dapat diakses pemustaka secara murah dan dapat dijalankan di manapun dan kapanpun. Selain terdapat keunggulan, juga terdapat kekurangan atau hambatan yang dijumpai seperti dibutuhkan adaptasi layanan, pemustaka kurang leluasa dalam hal akses informasi, masih banyak ditemui koleksi perpustakaan yang belum digitalkan meskipun sekarang ini informasi dalam bentuk elektronik (e-resources) telah menjadi kebutuhan. Terdapat usulan dari pemustaka tentang peningkatan kualitas layanan di tengah pandemi. Seperti ada yang mengusulkan layanan yang berbasis aplikasi layanan. Muncul pula harapan pemustaka agar semakin banyak database perpustakaan yang terhubung melalui sumber-sumber informasi elektronik (e-resources).

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
HARTONO, Fl.AgungNIP.197310172001121002
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerPrasetya, Stephanus Hanggar BudiUNSPECIFIED
ReviewerSahid, NurUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan, Perpustakaan, Perguruan Tinggi Seni, Pandem
Subjects: Karya Ilmiah Pustakawan
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:40
Last Modified: 15 Feb 2022 02:40
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10454

Actions (login required)

View Item View Item