Dwi Prastyo, Janu (2022) Perancangan Brand Identity Faiz Motorcycle. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
Janu Dwi Prastyo_2022_Full Texts.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
Janu Dwi Prastyo_2022_BAB I.pdf Download (882kB) |
|
Text
Janu Dwi Prastyo_2022_BAB V.pdf Download (313kB) |
|
Text
Janu Dwi Prastyo_2022_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) | Request a copy |
|
Text
Janu Dwi Prastyo_2022_Karya.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Janu Dwi Prastyo_2022_Jurnal.pdf Download (1MB) |
Abstract
Faiz Motorcycle merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) satu dari sekian banyak usaha di bidang otomotif yaitu sepeda mesin yang berdiri di Pandak, Bantul, Yogyakarta.. Faiz Motorcycle didirikan oleh Moch Wachid pada tahun 2000 dengan mengangkat konsep klasik futuristik. Nama sebelumnya yaitu Fanderle Faiz Wonder Cycle dan berubah nama menjadi Faiz Motorcycle pada tahun 2016 tanpa adanya identitas baru. Berawal mulai dengan ketidaksengajaan hingga produksi 300 unit sepeda mesin untuk di ekspor ke Australia. Namun mengingat berjalannya waktu nama yang besar memiliki resiko yang besar, Nama Fanderle Faiz Wonder Cycle disalahgunakan tanpa sepengetahuan Moch Wachid demi keuntungan pribadi. Ditambah badai Covid 19 membuat omzet bisninya mengalami penurunan. Bisnis sempat mangkrak dan visual identity yang terbengkalai membuat target konsumen perlahan menghilang. Berdasarkan masalah yang dihadapi oleh Faiz Motorcycle tersebut, maka perancangan brand identity yang baru sangat diperlukan sebagai sarana promosi produk kepada target market yang tepat. Dengan melakukan metode perancangan berupa pengumpulan data primer maupun sekunder dan metode analisis SWOT, maka di temukan beberapa unsur yang dapat membangun kembali UMKM Faiz Motorcycle. Konsep baru inilah yang nantinya akan dirancang menjadi beberapa media seperti logo, desain web, hingga stationary kit guna meningkatkan citra perusahaan dalam menarik kembali target audien. Faiz Motorcycle memiliki potensi yang cukup besar untuk berkembang dan menjadi produk yang cukup dikenal kembali, baik secara lokal maupun nasional. Hasil rancangan menunjukan hal positif bagi pemilik maupun target audein, dengan ini UMKM Faiz Motorcycle dapat lebih berkembang dengan identitas baru yang lebih fresh.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DKV | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Brand identity, logo, Faiz Motorcycle, sepeda listrik, sepeda mesin, klasik futuristik | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Janu Dwi Prastyo | |||||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2022 05:53 | |||||||||
Last Modified: | 18 Feb 2022 05:53 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10513 |
Actions (login required)
View Item |