Komparasi Format Penyajian Program Tv Bergenre Reality Show Pada “86” Net Tv Dan “The Police” Trans 7 Ditinjau Dari Format Acara, Editing, Audio, Tata Cahaya Dan Pergerakan Kamera (Periode 2020)

Annisa, Fitriani (2022) Komparasi Format Penyajian Program Tv Bergenre Reality Show Pada “86” Net Tv Dan “The Police” Trans 7 Ditinjau Dari Format Acara, Editing, Audio, Tata Cahaya Dan Pergerakan Kamera (Periode 2020). Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
ANNISA FITRIANI_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text
ANNISA FITRIANI_2022_BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ANNISA FITRIANI_2022_BAB V.pdf

Download (442kB)
[img] Text
ANNISA FITRIANI_2022_JURNAL.pdf

Download (766kB)
[img] Text
ANNISA FITRIANI_2022_LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Perkembangan media komunikasi begitu pesat apalagi di tengah pandemi virus corona, media begitu digemari sebagai alternatif mencari hiburan, informasi maupun pendidikan. Salah satunya ialah televisi, kompetisi untuk meraih minat penonton agar mendapatkan keuntungan pada setiap stasiun televisi mengakibatkan program – program televisi memiliki kesamaan pada program populer terlebih dahulu. Pada penelitian berjudul “Komparasi Format Penyajian Program TV Bergenre Reality Show pada “86” Net Tv dan “The Police” Trans 7 Ditinjau dari Format Acara, Editing, Audio, Tata Cahaya dan Pergerakan Kamera Periode 2020” mencoba membedah persamaan dan perbedaan kedua objek tersebut. Objek penelitian “86” dan “The Police” merupakan salah satu contoh program mengekor hal ini dibuktikan pada acara TV “86” mengudara terlebih dahulu yaitu sejak tahun 2014, memiliki rating tinggi dan sering trending di media sosial. Lalu 2018 muncul acara “The Police” tak kalah menarik dalam pengemasan konsep acara nya. Dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi pada kedua program lalu akan dilakukan mixed method yakni mengamati perolehan data melalui tabel dengan metode kuantitatif dan mendeskripsikan analisis dengan metode kualitatif. Unit analisis yang di dibandingkan ialah format acara, editing, Audio, tata cahaya dan pergerakan kamera Secara garis besar penelitian ini menunjukkan bahwa kedua program terdapat persamaan dalam pengambilan konsep acara dan perbedaan mendasar berada pada teknis cara penyampaian program acara “86” menggunakan narator karakter sedangkan “The Police” menggunakan narator voice of god untuk penyampaian. Adanya sebuah persamaan dan perbedaan dalam suatu program dipengaruhi oleh kreativitas dan inovasi stasiun televisi dalam menawarkan suatu program lebih menarik di mata penonton. Kata Kunci: Komparasi, Reality Show, “86” NET TV, “The Police” Trans 7

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Annisa, Fitrianinim1710872032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorNur Patrio, Andrinidn0029057506
ContributorEko Suprihono, Arifnidn0013056301
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Reality Show, “86” NET TV, “The Police” Trans 7
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Annisa Fitriani
Date Deposited: 18 Feb 2022 06:24
Last Modified: 18 Feb 2022 06:24
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10516

Actions (login required)

View Item View Item