Kereta Kencana Keraton Kasultanan Yogyakarta dalam Karya Seni Batik Lukis

Puji Widodo, Aji (2022) Kereta Kencana Keraton Kasultanan Yogyakarta dalam Karya Seni Batik Lukis. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
AJI PUJI WIDODO_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
AJI PUJI WIDODO_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
AJI PUJI WIDODO_2022_BAB V.pdf

Download (441kB)
[img] Text
AJI PUJI WIDODO_2022_JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Image
AJI PUJI WIDODO_2022_KARYA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (927kB) | Request a copy
[img] Text
AJI PUJI WIDODO_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (833kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id/

Abstract

INTISARI Salah satu pusaka keraton yang dapat dilihat secara terbuka oleh masyarakat umum adalah kereta kencana. Saat ini Keraton Yogyakarta mengoleksi 23 kereta. Kereta-kereta tersebut hanya digunakan untuk upacara-upacara penting dan disimpan di Museum Kereta Keraton. Keberadaan kereta kencana tersebut, tentunya akan ditanggapi oleh masyarakat Yogyakarta sebagai simbol kebesaran Dinasti Kasultanan Yogyakarta yang tidak lekang oleh waktu, terbukti sampai saat ini masih direvitalisasi melalui upacara-upacara ritual jamasan pada pusaka kereta Kanjeng Nyai Jimat dan kereta pendampingnya di bulan Sura, pameran kereta keraton setiap bulan Mulud, dan prosesi arak-arakan kirab jumenengan sultan maupun kirab resepsi pernikahan yang menggunakan kereta keraton. Kereta kencana tersebut terakhir digunakan untuk kirab pernikahan putri Sultan Hamengkubuono X.Tujuan pembuatan karya ini untuk memperkenalkan salah satu pusaka keraton Yogyakarta berupa kereta kencana. Karya yang dihasilkan mempunyai nuansa warna-warna klasik. Warna yang ditonjolkan dominan coklat mengikuti warna kayu dan menggunakan warna cerah untuk background dan isen-isen. Penciptaan batik lukis ini tetap menggunakan warna-warna yang tegas untuk memberikan ketegasan, keseimbangan, dan harmonisasi. Metode pendekatan yang dipilih ialah Estetika Djelantik, sedangkan metode penciptaannya menggunakan teori SP.Gustami dengan 3 tahap 6 langkah. Ketiga tahap terebut adalah tahap eksplorasi, perancangan dan desain, serta perwujudan. Proses pewujudan menggunakan teknik batik tulis, pewarnaan celup dan colet. Hasil dari proses penciptaan karya batik lukis ini yaitu 4 karya dengan ukuran 90 cm x 100 cm dan sebagai hiasan dinding. Keempat karya tersebut berjudul Kanjeng Nyai Jimat, Kyai Winamaputra, Kyai Harsunaba, dan Kyai Mandra Juwala.Karya disajikan dalam bentuk panel dan dibingkai dengan frame guna mendukung penampilan karya secara keseluruhan.Karya ini diharapkan mampu memberikan atau menginspirasi masyarakat, lembaga pendidikan, dan seni, agar kereta kencana lebih populer dikalangan masyarakat luas. Kata Kunci: keraton Kasultanan Yogyakarta, kereta kencana, batik lukis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Puji Widodo, Ajinim1712006022
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTri Widodo, Suryonidn0022047304
ContributorPurwandari, Retnonidn0007038101
Department: KODEPRODI90211#KRIYA
Uncontrolled Keywords: keraton Kasultanan Yogyakarta, kereta kencana, batik lukis
Subjects: Kriya > Kriya Tekstil
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Kriya > Kriya Tekstil
Depositing User: Aji Puji Widodo
Date Deposited: 22 Feb 2022 00:50
Last Modified: 22 Feb 2022 00:50
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10538

Actions (login required)

View Item View Item