Pesan Moral Pada Tiga Tokoh Utama Penggerak Cerita Dalam Film Komedi 3 Idiots (Melalui Pendekatan Analisis Wacana Kritis)

Adha Buyung Pamungkas, Mochammad (2022) Pesan Moral Pada Tiga Tokoh Utama Penggerak Cerita Dalam Film Komedi 3 Idiots (Melalui Pendekatan Analisis Wacana Kritis). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
MOCHAMMAD ADHA BUYUNG PAMUNGKAS_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
MOCHAMMAD ADHA BUYUNG PAMUNGKAS_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MOCHAMMAD ADHA BUYUNG PAMUNGKAS_2022_BAB V.pdf

Download (539kB)
[img] Text
MOCHAMMAD ADHA BUYUNG PAMUNGKAS_2022_JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
MOCHAMMAD ADHA BUYUNG PAMUNGKAS_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi pesan moral melalui tiga tokoh utama dalam film “3 Idiots” dengan menggunakan teori analisis wacana kritis milik Jager & Maier berupa praktik bahasa, praktik non-diskursif dan materialisasi objek. Praktik bahasa diketahui melalui dialog, sedangan praktik non-diskursif dan materialisasi objek dianalisis menggunakan mise en scène melalui elemen setting, properti, dan pergerakan tokoh. Ketiga praktik wacana Jager & Maier bertujuan untuk membedah scene by scene dalam film dengan bantuan teori pesan moral Franz Magnis Suseno, yang mengklasifikasikan pesan moral menjadi delapan bagian. Metode penelitian menggunakan analisis wacana dengan pendekatan kualitatif, dengan jumlah total penelitian scene dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Populasi sebanyak 125 scene diambil 32 scene. Scene terpilih merupakan scene dengan wacana pesan moral. Analisis data dilakukan dengan cara kualitatif deskriptif, yaitu sample scene terpilih akan diklasifikasikan ke dalam tema pesan moral melalui analisi dialog, setting, pergerakan pemain, dan properti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh Rancho, Raju, dan Farhan dalam film “3 idiots” terbukti menyampaikan pesan moral dalam tiap scene terpilih. Pesan moral tesebut meliputi sikap jujur, menjadi diri sendiri, bertanggung jawab, kemandirian, keberanian, kerendahan hati, kritis, dan sikap keadilan. Dalam film “3 idiots” ketiga tokoh utama berhasil menyampaikan pesan moral menggunakan dialog, pergerakan tokoh, setting, dan properti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Adha Buyung Pamungkas, Mochammadnim1610141132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorEko Suprihono, Arifnidn0013056301
ContributorKarina Pritha Atmani, Agnesnidn0023017613
Department: KODEPRODI91261#FILM DAN TELEVISI
Uncontrolled Keywords: Pesan Moral, Analisis Wacana Kritis Jager & Maier, Film 3 Idiots
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Mochammad Adha Buyung Pamungkas
Date Deposited: 21 Feb 2022 07:00
Last Modified: 21 Feb 2022 07:00
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10593

Actions (login required)

View Item View Item