Darmawan, Oka (2022) Peracangan Typeface Adaptasi Motif Ukir Kasatriyan. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Oka Darmawan_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
|
Text
Oka Darmawan_2022_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Oka Darmawan_2022_BAB PENUTUP.pdf Download (734kB) |
|
Text
Oka Darmawan_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
|
Other (format font .ttf)
Oka Darmawan_2022_LAMPIRAN 1.ttf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Other (format font .otf)
Oka Darmawan_2022_LAMPIRAN 2.otf Restricted to Repository staff only Download (656kB) | Request a copy |
|
Image (image file .pdf)
Oka Darmawan_2022_LAMPIRAN 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) | Request a copy |
|
Image (image file .pdf)
Oka Darmawan_2022_LAMPIRAN 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (83MB) | Request a copy |
|
Text
Oka Darmawan_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kasatriyan merupakan konsep keprajuritan yang ditanamkan Pangeran Mangkubumi. Konsep Kasatriyan terukir pada salah satu gamelan peninggalan Pangeran Mangkubumi yaitu K.K. Guntur Sari. Seni ukir pada gamelan tersebut merupakan salah satu seni ukir tertua yang berada di Kraton Yogyakarta. Karakter visual pada seni ukir gamelan K.K. Guntur Sari menjadi potensi sebagai sumber ide perancangan typeface ini. Selain untuk melestarikan kebudayaan, perancangan typeface ini bertujuan untuk memperkaya khazanah dunia tipografi di Indonesia. Metode yang digunakan pada perancangan ini yakni metode penelitian kualitatif. Cara pengumpulan data yakni melalui studi literatur, buku, observasi, serta wawancara dengan pihak terkait dari Kraton Yogyakarta bagian kesenian yang paham dengan objek penelitian. Proses visualisasi karya yaitu dengan cara adaptasi. Proses ini dilakukan dengan cara memilih motif pokok yang mampu mewakili ciri khas dari objek penelitian yang kemudian disederhanakan. Setelah disederhanakan motif yang diperoleh kemudian diintegrasikan ke dalam masing-masing karakter huruf dengan tetap mengacu pada kaidah ilmu tipografi. Typeface yang dihasilkan masuk ke dalam kategori huruf display dengan gaya victorian. Typeface ini memiliki kesan yang rumit namun elegan, disetiap huruf uppercase selalu menampilkan ciri khas utama dari motif seni ukir pada gamelan K.K. Guntur Sari yakni motif manuk beri. Output pada perancangan ini berupa satu set font digital dengan format ‘.otf’ dan ‘.ttf’. Kata Kunci: Kasatriyan, K.K. Guntur Sari, Adaptasi, Typeface, Font
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DISAINKOMUNIKASIVISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kasatriyan, K.K. Guntur Sari, Adaptasi, Typeface, Font | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Oka Darmawan | |||||||||
Date Deposited: | 22 Feb 2022 00:50 | |||||||||
Last Modified: | 22 Feb 2022 02:54 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10600 |
Actions (login required)
View Item |