Strategi Pemandu Wisata Dalam Mempromosikan Seni Pertunjukan Di Candi Prambanan

Nurkholik Ihtifahudin, Ahmad (2022) Strategi Pemandu Wisata Dalam Mempromosikan Seni Pertunjukan Di Candi Prambanan. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Ahmad Nurkholik Ihtifahudin_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Ahmad Nurkholik Ihtifahudin_2022_BAB I.pdf

Download (814kB)
[img] Text
Ahmad Nurkholik Ihtifahudin_2022_BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Ahmad Nurkholik Ihtifahudin_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (409kB)
[img] Text
Ahmad Nurkholik Ihtifahudin_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan promotion mix pada pemandu wisata Candi Prambanan dalam mempromosikan seni pertunjukan. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga pemandu wisata Candi Prambanan, dua wisatawan, satu pengelola biro perjalanan wisata (travel agent) dan satu pemandu wisata umum Yogyakarta. Teori yang digunakan pada penelitian ini merujuk pada konsep promotion mix yang dikemukakan oleh Kotler & Armstrong (2018), dimana terdapat dimensi yang ditentukan dalam penelitian ini lebih mengarah pada Penjualan pribadi (personal selling), Hubungan masyarakat (public relations) serta Pemasaran langsung dan digital (direct and digital marketing) karena berdasarkan dari sudut pandang pemandu wisata. Penelitian ini berlangsung di objek wisata Candi Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara semi-terstruktur, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil pada penelitian ini ditemukan bahwa dari adanya strategi pemandu wisata dalam melakukan kegiatan promotion mix pada seni pertunjukan di Candi Prambanan dengan fokus penekanannya mengarah pada Penjualan pribadi, Hubungan masyarakat, dan Pemasaran langsung dan digital dimana secara umum interaksi penyampaian seni pertunjukan masih diposisikan bukan sebagai bagian utama yang dipromosikan kepada wisatawan, lalu interaksi tersebut hanya bisa dilakukan kepada wisatawan walk in guest. Kemudian, hubungan profesional kepanduan hanya berdurasi satu jam serta belum pula memiliki media penunjang lain seperti sosial media. Secara khusus, dimensi Penjualan pribadi dengan segala keunggulan dari daya kemampuan storytelling yang dilakukan secara WoM (Word of Mouth) menjadi dimensi bauran promosi yang sering dimanfaatkan oleh pemandu wisata di Candi Prambanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nurkholik Ihtifahudin, Ahmadnim1920172420
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorJunaedi, Shellyananidn0526127201
Department: KODEPRODI91102#TATAKELOLASENI
Uncontrolled Keywords: Pemandu Wisata, Promotion Mix, Seni Pertunjukan
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Program Studi Tata kelola seni
Depositing User: AHMAD NURKHOLIK IHTIFAHUDIN
Date Deposited: 23 Feb 2022 04:48
Last Modified: 23 Feb 2022 04:48
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item