Perancangan Game Digital Edukasi untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Santri Pondok Modern Gontor

Hasbi Asshadiqi, Muhammad (2022) Perancangan Game Digital Edukasi untuk Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter Santri Pondok Modern Gontor. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Muhammad Hasbi Asshadiqi_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Muhammad Hasbi Asshadiqi_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Hasbi Asshadiqi_2022_BAB V.pdf

Download (779kB)
[img] Text
Muhammad Hasbi Asshadiqi_2022_JURNAL.pdf

Download (1MB)
[img] Video
Muhammad Hasbi Asshadiqi_2022_KARYA.m4v
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Muhammad Hasbi Asshadiqi_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB) | Request a copy
Official URL: https://hazushadc.itch.io/five-spirits-of-pondok-p...

Abstract

Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam mendidik kalangan remaja. Penanamam Nilai-nilai karakter yang baik, dapat membentuk kerpibadian remaja yang lebih matang secara mental dan pikiran. Namun demikian, dewasa ini kepribadian remaja banyak terpengaruh oleh dampak negatif dari media sosial, tayangan online dan game. sehingga membuat rendahnya minat mereka untuk mengembangkan kepribadian kearah yang lebih baik. Perancangan game edukasi ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter yang baik dari santri pondok pesantren modern Gontor dengan berusaha memanfaatkan media yang lekat dengan kalangan remaja. Data tentang lingkungan pondok modern Gontor beserta unsur penanaman pendidikan karakternya dikumpulkan dan dianalisis melalu metode 5W+1H yang kemudian dari data tersebut, di dapatkan sebuah konsep media game digital yang mencoba untuk merepresentasikan lingkungan dari Pondok modern Gontor dengan unsur-unsur visual yang sederhana serta konsep implementasi penanaman pendidikan karakter didalamnya. Dengan media game digital edukasi ini diharapkan dapat mempenetrasi kalangan remaja yang lekat dengan media game untuk mendoron diirinya belajar menanamkan nilai karakter yang baik pada dirinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Hasbi Asshadiqi, Muhammad1712475024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorUmar Hadi, Muhammadnidn0024085801
ContributorJatmiko, Edindin0030198507
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Game Edukasi, Pondok Modern Darussalam Gontor
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Muhammad Hasbi Asshadiqi
Date Deposited: 26 Feb 2022 08:43
Last Modified: 26 Feb 2022 08:43
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10816

Actions (login required)

View Item View Item