Pembelajaran Tembang Dolanan di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta

Larasati, Larasati (2022) Pembelajaran Tembang Dolanan di Sekolah Dasar Negeri Pendemsari Kabupaten Sleman Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Larasati_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Larasati_2022_BAB I.pdf

Download (932kB)
[img] Text
Larasati_2022_BAB V.pdf

Download (313kB)
[img] Text
Larasati_2022_JURNAL.pdf

Download (838kB)
[img] Text
Larasati_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses dan hasil dari pembelajaran tembang dolanan dengan pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual, intellectual). Pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual, intellectual) merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan gerak fisik dengan aktivitas intelektual dan penggunaan semua panca indra. Pendekatan SAVI sangat sesuai dengan materi tembang dolanan karena dalam tembang dolanan, siswa diajak untuk bergerak (Somatic), menembangkan (melagukan) kembali tembang dolanan yang didengar (Auditory), dilihat melalui VCD/Video (Visual), dan yang terakhir mencari pesan-pesan yang terkandung di dalam lirik tembang dolanan (intellectual). Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang melalui tiga tahap analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah siswa mampu mengikuti, memahami dan merealisasikan dalam praktik pada proses pembelajaran tembang dolanan dengan menggunakan pendekatan savi dengan baik, oleh karenanya tujuan pembelajaran dapat tercapai. Hasil nilai-nilai positif yang diperoleh dari pembelajaran tembang dolanan adalah tercermin pada sikap dan perilaku siswa mengenai nilai-nilai solidaritas, toleransi, gotong royong, etika sosial, serta kebijaksanaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Larasati, Larasatinim17101370132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorBramantyo, Triyononidn0018025702
ContributorSigro Tjaroko, Winarjonidn0030105703
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, SAVI, tembang dolanan
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Seni Musik
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Larasati Larasati
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:35
Last Modified: 15 Jun 2022 02:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10883

Actions (login required)

View Item View Item