Penciptaan Tata Panggung Dalam Pementasan Umang-Umang Atawa Orkes Madun II Karya Arifin C. Noer

Oktavilano N, Bondan (2022) Penciptaan Tata Panggung Dalam Pementasan Umang-Umang Atawa Orkes Madun II Karya Arifin C. Noer. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BONDAN OKTAVILANO NURYADI_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BONDAN OKTAVILANO NURYADI_2022_BAB 1.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BONDAN OKTAVILANO NURYADI_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BONDAN OKTAVILANO NURYADI_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BONDAN OKTAVILANO NURYADI_2022_LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Video
BONDAN OKTAVILANO NURYADI_2022_LAMPIRAN VIDEO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text
BONDAN OTAVILANO NURYADI_2022_PENYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://youtu.be/egcDtqTNjUA

Abstract

Tata panggung merupakan penampakan visual yang dibuat oleh seorang penata artistik dalam pertunjukan yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan kepada penonton. Tata panggung merupakan unsur pokok yang tidak dapat dipisahkan dari teater. Pertunjukan teater tidak menjadi utuh tanpa adanya tata panggung yang mendukung. Naskah Umang-Umang Atawa Orkes Madun II karya Arifin C. Noer memiliki bentuk tata panggung yang bisa diekpolarasi wujudnya. Bahan-bahan industrial sangat berpotensi untuk dijadikan dalam wujud tata panggung. Oleh karena itu seorang pencipta tata panggung membuat set dengan memiliki tujuan yaitu: Lokatif, Ekspresif, Aktraktif, Jelas, Bermanfaat, Organis. Proses penciptaannya dilakukan dengan menganalisis naskah terlebih dahaulu kemudian dilanjutkan dengan membuat konsep sebagai pijakan untuk mengekpolarasi bahan. Tahap berikutnya mentransformasikan rancangan ke lembar kerja tata panggung guna mempermudah proses visualisasi, kemudian dieksplorasi dan dieksekusi sebagai bentuk pementasan teater. Persoalan penciptaan dan pelaksaan merupakan dua persoalan yang berbeda dan keduanya membutuhkan keterampilan khusus. Dalam penciptaan dibutuhkan keterampilan untuk mendeskripsikan berbagai gagasan yang muncul dari hasil studi maupun imajinasi. Sedangkan pelaksanaan membutuhkan keterampilan dan berkomunikasi dengan orang-orang yang terlibat dalam sebuah penciptaan teater. Kata kunci : Tata Panggung, Umang-Umang Atawa Orkes Madun II, Arifin C. Noer

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Oktavilano N, Bondannim1510813014
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorArisona, Nanangnidn0012126712
ContributorSumpeno, Sumpenonidn00145065704
Department: KODEPRODI91251#SENI TEATER
Uncontrolled Keywords: Tata Panggung, Umang-Umang Atawa Orkes Madun II, Arifin C. Noer
Subjects: Teater > Penciptaan (penyutradaraan, penataan artistik, penulisan naskah,pemeranan)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: BONDAN OKTAVILANO NURYADI
Date Deposited: 01 Mar 2022 22:57
Last Modified: 01 Mar 2022 22:57
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/10931

Actions (login required)

View Item View Item