Apropriasi Musikal Dalam Iringan Tari Keraton Yogyakarta

R. M. Surtihadi, R.M. Surtihadi (2022) Apropriasi Musikal Dalam Iringan Tari Keraton Yogyakarta. Doctoral thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
DISERTASI SURTIHADI 2022 Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Bab I Disetasi R.M. Surtihadi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab V Disertasi R. M. Surtihadi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lampiran Disertasi R. M. Surtihadi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
RINGKASAN DISERTASI SURTIHADI 2022.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.isi.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memahami fenomena apropriasi musikal ansambel musik Eropa dan gamelan Jawa pada iringan tari di Keraton Yogyakarta, khususnya pada permainan komposisi gendhing gati mardawa, gati raja, serta gendhinggendhing iringan beksan lawung ageng yang terdiri dari: gendhing ron ing tawang, rog-rog asem dan bima kurda. Berawal dari pengalaman masa kanak, remaja, hingga dewasa, menjadi stimuli munculnya gagasan penelitian ini. Pengalaman sering mendengarkan, menyaksikan dan sebagai pelaku dari pertunjukan tari yang diiringi gamelan Jawa ditambah dengan ansambel musik Eropa, mendorong rasa ingin tahu tentang fenomena apropriasi musikal pada penambahan ansambel musik Eropa dan gamelan Jawa untuk iringan tari Keraton Yogyakarta. Untuk menganalisis fenomena terjadinya apropriasi musikal ansambel musik Eropa dan iringan tari Jawa, salah satu konsep dari teori pasca kolonial yakni konsep apropriasi budaya digunakan untuk menginvestigasi masalah penelitian ini. Apropriasi budaya merupakan tindakan mengambil atau menam-bahkan unsur budaya asing ke dalam budaya lain kemudian diakui sebagai budaya sendiri. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Secara spesifik penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus eksploratori. Langkah yang dilakukan dalam pengumpulan data melalui tahapantahapan penelitian sebagai berikut: observasi, wawancara, dokumentasi melalui perekamanbunyi hasil permainan ansambel musik Eropa dan gamelan Jawa, kemudian dilakukan transkripsi untuk keperluan membaca notasi gamelan bagi para pemain musik yang memainkan instrumenmesik Eropa pada saat memainkan notasi bersama dengan pengrawit. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa apropriasi budaya dalam konteks musikal merupakan bentuk apropriasi musikal antara gamelan Jawa dan ansambel musik Eropa untuk mengiringi tari Jawayang posisinya tidak sama. Ansambel musik Eropa mengikuti struktur gendhing Jawa memainkan melodi gamelan iringan tari. Relasi kuasa bunyi antara gamelan Jawa dan ansambel musik Eropa, cita rasa bunyi ansambel musik Eropa ditundukkan oleh cita rasa bunyi gamelan Jawa. Posisi gamelan Jawa lebih diutamakan daripada ansambel musik Eropa untuk memainkan gendhing gati mardawa, gati raja serta gendhing ron ing tawang, rog-rog asem, dan bima kurda.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
R. M. Surtihadi, R.M. Surtihadinim1430101512
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDTyasrinestu, Fortunatanidn0023107201
UNSPECIFIEDDjohan, Djohannidn0017126101
UNSPECIFIEDSimatupang, Lono Lastoronidn0022036005
UNSPECIFIEDSunardi, Sunardinidn0510027701
Department: KODEPRODI91001#PENCIPTAAN DAN PENGKAJIAN SENI
Additional Information : Ashcroft, Bill. et al. (1998). Key Concept in Post-Colonial Studies, London: Routledge. Barthes, Roland. (1993). Myth Today, A Roland Barthes Reader. Edited by Susan Sontag, Vintage. London. Bhabha, Homi. (1994). The Location of Culture, London: Routledge. Bogaerts, Els. and Barendregt, Bart. (ed.) (2016) Recollecting Resonance: Indonesian-Dutch Musical Encounters, Brill. Terj. Landung Simatupang, Merenungkan Gema, Perjumpaan Musikal Indonesia-Belanda, penerbit Pustaka Obor Indonesia, Jakarta. Boonzajer, F.R.M. (2000). Brass unbound: Secret children of the colonial brass band. Amsterdam: Royal Tropical Institute. Born, Georgina., David Hesmondhalgh (2000). Western Music and Its Others: Difference, Representation, and Appropriation in Music, London: University of Californioa Press. Boskoff, Alvin, (1964) “Recent Theories of Social Change”, dalam Werner J Cahnman dan Alvin Boskoff, (ed.), Sociology and History: Theory and Research, The Free Press of Glencoe, London. Bramantyo P.S., Triyono. (2004). Disseminasi Musik Barat di Timur, Yayasan untuk Indonesia. Carey, Peter, (2008), Orang Cina, Bandar Tol, Candu dan Perang Jawa: Perubahan Persepsi Tentang Cina 1755-1825, Komunitas Bambu, Jakarta. Day, Tony. and Foulcher, Keith, (2002). Postcolonial Readings of Modern Indonesian Literature Introductioan remarks, KITLV Press, Leiden. Djohan et al. (2004). Elo, Elo, Lha Endi Buktiné? Seabad Kelahiran Empu Karawitan Ki Tjokrowasito. Tim Pengkajian “Maskarja”. _____________. (2010). Respon Emosi Musikal, CV. Lubuk Agung, Bandung. Ellis, Katharine. (2009). “The Sociology of Music” Samson, Jim. and Harper-Scott, J.P.E. (ed.) An Introduction to Music Studies, Cambridge University Press, Cambridge. Fibiona, Indra et al. (2018) berjudul R.M. Jayadipura, Maestro Budaya Jawa 18781939: Sebuah Biografi, Balai Pelestarian dan Nilai Budaya (BPNB), DIY. Hauser, Arnold, (1979), The Sociology of Art. Terj.Kenneth J. Northcott, The Chicago University Press, Chicago and London. Hughes-Freeland, Felicia. (2009). Komunitas yang Mewujud: Tradisi Tari dan Perubahan di Jawa. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Kartahasmara, R.Ng., (1990), Ngayugyakarta Pagelaran, Terj. Wibatsu Harianto Soembogo, Mahadewa, Yogyakarta. Kartodirdjo, Sartono. (1993), Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah, P.T. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Kuntowijoyo, (2008), Penjelasan Sejarah (Historical Explanation), Tiara Wacana, Yogyakarta. Larson, George D. (1990). Prelude to Revolution, Palace and Politic in Surakarta, 1912-1942. terj. A.B. Lapian, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Lindsay, Jennifer. (1991). Klasik, Kitch, Kontemporer: Sebuah Studi Tentang Pertunjukan Jawa, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. ______________. et al. (1994). Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara, Jilid 2, Kraton Yogyakarta, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta. Loomba, Ania. (1998).. Colonialism/post-colonialism. London/New York: Routledge. Mack, Dieter, (2004). Musik Kontemporer dan Persoalan Interkultural, Cetakan kedua, Penerbit Arti, Bandung. Mak van Dijk, Henk, (2007), De oostenwind waait naar het westen: Indische componisten, Indische composities, 1898-1045, Leiden: KITLV Uitgeverij. Merriam, Alan P , (1964), The Antropology of Music, Bloomington, North Western University Press, Indiana. Nelson, Robert S. (2003). Critical Term for Art History. Chicago: University of Chicago Press. Ellis, Katharine. (2009). “The Sociology of Music” Samson, Jim. and Harper-Scott, J.P.E. (ed.) An Introduction to Music Studies, Cambridge University Press, Cambridge. Fibiona, Indra et al. (2018) berjudul R.M. Jayadipura, Maestro Budaya Jawa 18781939: Sebuah Biografi, Balai Pelestarian dan Nilai Budaya (BPNB), DIY. Hauser, Arnold, (1979), The Sociology of Art. Terj.Kenneth J. Northcott, The Chicago University Press, Chicago and London. Hughes-Freeland, Felicia. (2009). Komunitas yang Mewujud: Tradisi Tari dan Perubahan di Jawa. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta. Kartahasmara, R.Ng., (1990), Ngayugyakarta Pagelaran, Terj. Wibatsu Harianto Soembogo, Mahadewa, Yogyakarta. Kartodirdjo, Sartono. (1993), Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah, P.T. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Kuntowijoyo, (2008), Penjelasan Sejarah (Historical Explanation), Tiara Wacana, Yogyakarta. Larson, George D. (1990). Prelude to Revolution, Palace and Politic in Surakarta, 1912-1942. terj. A.B. Lapian, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. Lindsay, Jennifer. (1991). Klasik, Kitch, Kontemporer: Sebuah Studi Tentang Pertunjukan Jawa, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. ______________. et al. (1994). Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara, Jilid 2, Kraton Yogyakarta, Yayasan Obor Indonesia, Jakarta. Loomba, Ania. (1998).. Colonialism/post-colonialism. London/New York: Routledge. Mack, Dieter, (2004). Musik Kontemporer dan Persoalan Interkultural, Cetakan kedua, Penerbit Arti, Bandung. Mak van Dijk, Henk, (2007), De oostenwind waait naar het westen: Indische componisten, Indische composities, 1898-1045, Leiden: KITLV Uitgeverij. Merriam, Alan P , (1964), The Antropology of Music, Bloomington, North Western University Press, Indiana. Nelson, Robert S. (2003). Critical Term for Art History. Chicago: University of Chicago Press. Sri Suwito, Yuwono, (2020). Kraton Yogyakarta Pusat Budaya Jawa, Dinas Kebudayaan DIY (Kundha Kabudayan), Yogyakarta. Subuh, (2006). Gamelan Jawa, Inkulturasi Musik Gereja: Studi Kasus Gendhing-gendhing Karya C. Hardjasoebrata. Surakarta: STSI Press. Suharto, Ben. (1981). “Perkembangan Tari Klasik Gaya Yogyakarta”, dalam Fred Wibowo (ed.) Mengenal Tari Klasik Gaya Yogyakarta. Dewan Kesenian Propinsi DIY, Yogyakarta. Sumarsam, (2003), Gamelan: Interaksi Budaya dan Perkembangan Musikal di Jawa, Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Supanggah, Rahayu, (2002), BOTHÈKAN Karawitan I, cetakan pertama, Ford Foundation dan Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia, Jakarta. Surtihadi, R.M., (2008), Tan Thiam Kwie: Celah-celah Kehidupan Sang Maestro Pendidik Musik Tiga Zaman, cetakan pertama, Yogyakarta: Panta Rhei Books. Suryo, Djoko, (2005), Penduduk dan Perkembangan Kota Yogyakarta 19001990, Ombak, Yogyakarta. Syukur, Slamet Abdul. (2014). Sluman Slumun Slamet, Esai-esai Slamet Abdul Syukur (1976-2013). Penyunting Erie Setiawan, Penerbit Art Music Today, Yogyakarta. Tim Peneliti Akademi Musik Indonesia Yogyakarta, (1982). “Korps Musik Diatonik dalam Kraton Kasultanan Yogyakarta”, Laporan Penelitian, Yogyakarta. Weiss, Sarah. (2006). Listening to an earlier Java; Aesthetics, gender, and the music of wayang in Central Java. Leiden: KITLV Press. Young, James O. (2008). Cultural Appropriation and The Arts, Blackwell Publishing, Malden, MA 02148-5020, USA Zoetmulder, P.J. (1982). Old Javanese-English Dictionary. Vol. 1.’s Gravenhage: Nijhoff.
Uncontrolled Keywords: interaksi musikal, ansambel musik Eropa, gamelan Jawa
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Seni Musik
Divisions: Pascasarjana > S3 Penciptaan dan Pengkajian seni
Depositing User: Ida ID Sriwahjudewi
Date Deposited: 04 Mar 2022 05:15
Last Modified: 08 Mar 2022 03:50
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11025

Actions (login required)

View Item View Item