Tafsir Garap Rebab pada gending Ragamulya Laras slendro Pathet Sanga Kendhangan Candra Versi Apriditya Kurniawan

Kurniawan, Apriditya (2022) Tafsir Garap Rebab pada gending Ragamulya Laras slendro Pathet Sanga Kendhangan Candra Versi Apriditya Kurniawan. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Apriditya Kurniawan_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Apriditya Kurniawan_2022_BAB I.pdf

Download (540kB)
[img] Text
Apriditya Kurniawan_2022_BAB IV.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Apriditya Kurniawan_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (607kB)
[img] Video
Apriditya Kurniawan_2022_LAMPIRAN.mp4
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy
[img] Text
Apriditya Kurniawan_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Skripsi yang berjudul “Tafsir Garap Rebab pada Gending Ragamulya Laras Slendro Pathet Sanga Kendhangan Candra Versi Apriditya Kurniawan” membahas tentang garap rebab Gending Ragamulya. Penelitian ini bertujuan untuk menafsir garap rebab pada Gending Ragamulya Laras Slendro Pathet Sanga Kendhangan Candra. Gending tersebut merupakan salah satu gending gaya Yogyakarta. Struktur Gending Ragamulya terdiri dari beberapa bagian. Metode penyajian yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada tradisi karawitan gaya Yogyakarta. Urutan penyajiannya dimulai dengan buka, lamba, dados, pangkat dhawah, dhawah dan diakhiri dengan bagian suwuk. Proses penggarapan gending melalui tahapan sebagai berikut: menyiapkan notasi balungan gending, tafsir balungan gending, tafsir garap, aplikasi, latihan, evaluasi, uji kelayakan, dan penyajian. Keabsahan data diperoleh dengan menggunakan beberapa referensi sumber pustaka, dan keterangan dari beberapa narasumber. Ricikan rebab sebagai alat pembedah gending, penulis menggunakan salah satu garap ricikan rebab yang disebut garap miner pasren. Beberapa isian garap menggunakan percampuran pathet, yaitu pathet sanga dan pathet manyura. Hasil kesimpulan diperoleh bahwa penggarap mempunyai keleluasaan garap dalam menggarap suatu gending, termasuk dalam hal menggunakan percampuran pathet, meskipun demikian Gending Ragamulya tetap dikategorikan dalam kelompok gending yang memiliki rasa pathet sanga yang cukup kuat. Kata kunci: Gending Ragamulya, rebab, dan garap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Kurniawan, Apridityanim1710665012
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTrustho, Trstho-
ContributorRaharja, Raharjanidn0003027004
Department: KODEPRODI91211#KARAWITAN
Uncontrolled Keywords: Gending Ragamulya, rebab, dan garap.
Subjects: Karawitan
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Karawitan
Depositing User: Apriditya Kurniawan
Date Deposited: 06 Mar 2022 19:26
Last Modified: 06 Mar 2022 19:26
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11051

Actions (login required)

View Item View Item