Perancangan Komunikasi Visual Surat Kabar Harian Umum Solopos

Wahyu Agung Purnomo, 931 0648023 (2000) Perancangan Komunikasi Visual Surat Kabar Harian Umum Solopos. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Pages from 125-Bab I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pages from 125-Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
Pages from 125-Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
Pages from 125-Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Pages from 125-Bab V.pdf

Download (799kB)
[img] Text
Pages from 125-Daftar pustaka.pdf

Download (676kB)
[img] Text
Pages from 125-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia sekarang ini dinilai sudah semakin kritis dan pintar. Hal tersebut dimungkinkan oleh salah satunya adalah karena pengelahuan mereka yang semakin bertambah. Masyarakat makin menyadari bahwa kemaj uan hanya bisa dicapai dengan pengetahuan yang makin ditambah. Salah satu hal untuk menambah pengetahuan itu adalah dengan mencermati dan memahami informasi yang be-rkcmbang disekitarnya. Kebutuhan masyarakat akan informasi makin meningkat dewasa ini, seiring dengan kesadaran yang makin meningkat juga bahwa hal tersebut tcrnyata sangatlah panting dan diperiukan untuk mengetahui perkembangan dunia. Perubahan yang terjadi yang demikian cepat dalam kehidupan menuntut mereka untuk rnengetahuinya melalui media yang tepat. Keberadaan media massa mempunyai peranan penting untuk bisa mengakomodasi kebutuhan akan informasi tersebut. Minat masyarakat yang haus akan infonnasi menjadi motovasi bagi media massa untuk sebisa mungkin memenuhinya. Media elektronik terutarna televisi, memiliki keunggulan tersendiri. Sebagai media audio visual, televisi mempunyai kemampuan mengkombinasikan antara rupa, gcrak dan suara dari pciaku kcjadian. Televisi juga mampu mcmikat indera pemirsanya sehingga dapat memperoleh perhatian yang besar dari mereka. Jangkauan televisi pun lebih luas dibanding media-media lain. Komunikasi visual yang dilakukan, menggunakan media lini atas (above the line) scperti iklan koran, tabloid, majalah dan billboard. Dipadukan dengan media lini bawah (below the line) seperti kalender, transport ad,slide .sinema,tire cover, greeting card, stationery set dan stiker. untuk mendapatkan jangkauan kepada khalayak sasaran seperti yang diinginkan. Keseragaman gaya,warna,ilustrasi maupun tipografi dalam perancangan iklan, dimaksudkan sebagai identitas visual agar masyarakat lebih mudah mengasosiasikan media yang dipilih dengan keberadaan surat kabar SOLOPOS. Untuk memperkuat identilas SOLOPOS, kalimat ”Lebih Segar dan Matang” digunakan sebagai key word media yang dipilih. Dengan penentuan langkah yang terarah dan sistematis diharapkan perancangan komunikasi visual harian umum SOLOPOS dapat lebih mudah mencapai tujuannya. Agar program promosi berjalan sebagaimana mestinya, sebaiknya dilakukan peninjauan kembali perkembangan program promosi secara berkala. Hal ini dimaksudkan agar program tersebut tetap pada arah yang benar, sekaligus mengantisipasi kemungkinan — kemungkinan adanya kendala yang bisa mengganggu jalannya program yang tclah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Wahyu Agung Purnomo, 931 0648023UNSPECIFIED
Department: Desain Komunikasi Visual – FSR ISI Yogyakarta
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 22 Oct 2014 01:40
Last Modified: 27 Oct 2014 06:25
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item View Item