Komodifikasi Material Yang Terbuang Dan Praktik Budaya Konsumsi

Nor Jayadi, NIP. 197508052008011014 NID. 0005087503 (2015) Komodifikasi Material Yang Terbuang Dan Praktik Budaya Konsumsi. Ars (Jurnal Seni rupa & Desain), 18 (3). pp. 35-42. ISSN 1829-7412

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (307kB) | Preview
Official URL: http://journal.isi.ac.id/index.php/ars

Abstract

Adanya trend menggunakan barang-barang yang berbahan kayu bekas atau kayu sisa yang tadinya terbuang menjadi bermakna dan bernilai menarik ntuk diteliti secara mendalam. Menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan etnografi yaitu menggambarkan komodifikasi dan budaya konsumsi dari sudut pandang narasumber. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, proses discourse green design bisa menjadi trend setter bermula dari respon dari adanya kesadaran elit terhadap masalah-masalah lingkungan seperti pemanasan global, kerusakan hutan, polusi dan sampah. Kolaborasi dari berbagai kekuatan industri termasuk industri media massa mengkonstruksi tentang pentingnya menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan. Kedua, respons publik terhadap discourse green design berupa respon positif dengan bersedia membayar lebih mahal terhadap produk green design. Ketiga, proses komodifikasi produk sebagai discourse dan lifestyle dimulai dari wacana green design yang telah menjadi komoditas menarik bagi pelaku industri. Suatu produk menjadi bernilai tinggi karena dibuat dengan bahan yang tidak terpakai, barang bekas, atau barang sisa. Selain itu, produk juga bernilai tinggi karena proses pengerjaannya yang sederhana, tanpa menggunakan alat-alat atau bahan yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: rustic wood, sign, komodifikasi
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 07 Oct 2016 03:01
Last Modified: 07 Oct 2016 03:01
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1141

Actions (login required)

View Item View Item