Daruni, 5262/IV-4/349/93 (1996) Kehadiran Didik Hadiprayitno Di Dunia Tari: Sebuah Biografi (1954 -......... ). Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
bab 1 11 KEHADIRAN DIDIK HADIPRAYITNO ( KT003505 l 019.2016 ).pdf Download (16MB) | Preview |
|
Text
bab 2 11 KEHADIRAN DIDIK HADIPRAYITNO ( KT003505 l 019.2016 )-2.pdf Restricted to Repository staff only Download (37MB) | Request a copy |
||
Text
bab 3 11 KEHADIRAN DIDIK HADIPRAYITNO ( KT003505 l 019.2016 )-3.pdf Restricted to Repository staff only Download (30MB) | Request a copy |
||
Text
bab 4 11 KEHADIRAN DIDIK HADIPRAYITNO ( KT003505 l 019.2016 )-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
||
|
Text
bab 5 11 KEHADIRAN DIDIK HADIPRAYITNO ( KT003505 l 019.2016 )-5.pdf Download (13MB) | Preview |
|
Text
lampiran 11 KEHADIRAN DIDIK HADIPRAYITNO ( KT003505 l 019.2016 )-6.pdf Restricted to Repository staff only Download (46MB) | Request a copy |
Abstract
Nama Didik Hadiprayitno atau lebih dikenal dengan nama Didik Nini 'Thowok cukup menonjol di dunia seni pertunjukan. Walaupun kemunculan Didik barn sekitar tahun 1970-an, namun kiprahnya sebagai penari maupun penata tari cukup produktif. Spesialisasinya adalah sebagai penari humor, potensi lain yang ia kembangkan dan amat menunjang pengalaman dan kematangan di panggung pertunjukan ialah bidang teater tradisional seperti: ketoprak, wayang Wang, dagelan atau lawak, dan juga menjadi penyanyi lagu-lagu humor maupun pembawa acara yang menyegarkan suasana. Kepenarian Didik cukup mewarnai dunia tari yaitu pada spesifikasinya yang bérgaya humor. Sebagai penari lulusan perguruan tinggi seni, yaitu Akademi Seni Tari Indonesia di tahun 1970-an prestasi Didik cukup menonjol. Maka tak mengherankan apabila almamaternya itu menarik Didik »sebagai staf pengajar. Namun, kenyataannya Didik tidak merasa cocok sebagai pengajar pada pendidikan resmi. Ia memilih berkarier secara mandiri dan langsung terjun melayani masyarakat yang membutuhkan tariannya. Tekad yang membaja dan keuletan Didik untuk tetap konsisten sebagai penari dan pefcaya bahwa dengan keterampilannya menari ia akan tetap hidup tak banyak diikuti penari lain. Berbagai faktor mewarnai kejiwaan Didik dalam memutuskan pilihan hidupnya. Kepribadian Didik yang unik, ditopang dengan penampilan visualisasi yang khas merupakan modal berharga bagi kemajuan karier tarinya. Penguasaan berbagai gaya tari daerah menjadi sumber yang tak habis-habisnya ia gali dan diungkapkan kembali dengan bahasa tari humornya. Naluri jiwa mandiri yang ia miliki mampu mengelola tari humor menjadi sebuah industri hiburan yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Berdasarkan itu, figur Didik layak menjadi sumber penulisan biografi. Untuk mengetahui perjalanan hidup Didik dari masa ke masa memerlukan pendekatan historis. Pendekatan psikologis dimanfaatkan untuk memahami aspek kejiwaan Didik yang mempunyai kepribadian khas. Penelitian yang dilengkapi pula dengan pendekatan sosiologis ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat tari, bahwa mereka seharusnya mampu hidup dari tari yang ivdihasilkannya. Maka dengan begitu seni tari mampu menghidupi seniman penciptanya. Semua itu akan tercipta bila si seniman juga menggeluti secara total dunianya seperti halnya yang telah ditempuh Didik. Tekadnya terns menari sampai akhir hayatnya.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Pepustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Uncontrolled Keywords: | seni, pertunjukan, tari, didik nini towok, biografi | ||||
Subjects: | Tari > Pengkajian Tari Tata kelola seni |
||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian) | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:25 | ||||
Last Modified: | 19 Mar 2022 11:08 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1143 |
Actions (login required)
View Item |