Pengaruh Stimulasi Elemen Tempo Dan Timbre Dalam Gamelan Jawa Terhadap Respon Emosi Musikal

DJOHAN, 02/1090/ps (2005) Pengaruh Stimulasi Elemen Tempo Dan Timbre Dalam Gamelan Jawa Terhadap Respon Emosi Musikal. Doctoral thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
bab 1 20 PENGARUH STIMULASI ELEMEN TEMPO ( KT003857 l 008.2016 ).pdf

Download (31MB) | Preview
[img] Text
bab 2 20 PENGARUH STIMULASI ELEMEN TEMPO ( KT003857 l 008.2016 )-2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44MB) | Request a copy
[img] Text
bab 3 20 PENGARUH STIMULASI ELEMEN TEMPO ( KT003857 l 008.2016 )-3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy
[img] Text
bab 4 20 PENGARUH STIMULASI ELEMEN TEMPO ( KT003857 l 008.2016 )-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
bab 5 20 PENGARUH STIMULASI ELEMEN TEMPO ( KT003857 l 008.2016 )-5.pdf

Download (55MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Respon emosi musikal adalah reaksi emosi yang terjadi akibat mendengarkan musik, sebagi ekspresi pengalaman terdalam aspek emosi, kognisi, dan sosial seseorang. Respon emosi musikal timbul bila nilai estetis musik dipemleh baik dari mendengar musik dalam keseharian atau melalui pertunjukan musik seoara khusus. Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa elemen tempo dan timbre adalah elemen terpenting di dalam musik. Namun demikian kebanyakan penelitian berdasarkan musik barat dan belum banyak dalam kerangka musik Indonesia khususnya topik mengenai respon emosi musikal baik yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan. Demikian pula belum pemah diteliti dengan menggunakan musik dan alat musik tradisi indonesa. Karenanya, penelitian dasar ini dirancang dengan pendekatan eksperimentai yang melibatkan orang Jawa dengan alat musik gamelan Jawa dan dilakukan di Yogyakarta. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran yang lebih baik bagaimana pengaruh stimulasi elemen tempo dan timbre dalam gamelan Jawa terhadap respon emosi pendengamya. Subjek penelitian terdiri dan 16 orang musisi (pengrawit) dan 16 orang non-musisi (pandhemen). Mereka diminta untuk mendengarkan gendhing Jawa Ladrang Agun-Agun yang dimainkan dalam 4 versi secara berturut-turut. Satu gendhing diperdengarkan dalam tempo asli dan tiga gendhing berikutnya dalam tempo dan timbre yang dimodifikasi. Setiap pengrawit dan pandhemen akan mendengarkan gendhing dalam tempo asli dan tempo modifikasi dengan gamelan perunggu serta gendhing dalam tempo asli dan tempo modifikasi menggunakan gamelan besi. Suasana hati, respon emosi musikal, ekspresi wajah sebagai aspek psikologis akan diuukur melalui skala pada setiap periakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh stimulasi elemen tempo asli perunggu dan tempo asli besi serta tempo modifikasi perunggu dan tempo modifikasi besi terhadap respon emosi musikal pendengamya teruji signifikan. Pengrawit menunjukkan kepekaan yang signifikan temadap elemen tempo dan timbre modifikasi. Terlihat pula perbedaan pengaruh antara stimulasi elemen tempo asli dan modifikasi baik perunggu maupun besi terhadap respon emosi musikal pendengar. Juga respon emosi musikal yang distimulasi melaiui elemen tempo dalam gamelan Jawa lebih mempengaruhi persepsi, pengalaman, dan aspek sosial budaya pendengar dan" pada faktor fisika bunyi semata. Keseluruhan eksperimen ini melengkapi penelitian yang dilakukan terhadap musik barat bahwa elemen tempo lebih penting dari pada elemen timbre. Hal tersebut terbukti bahwa respon emosi musikal pendengar musik gamelan Jawa iebih dipengaruhi oleh elemen tempo dibandingkan dengan elemen timbre.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: musik, seni pertunjukan, gamelan, psikologis, jawa, emosional
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: agus tiawan AT
Date Deposited: 11 Oct 2016 06:36
Last Modified: 11 Oct 2016 06:36
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1152

Actions (login required)

View Item View Item