Pemasaran Desa Wisata Kalibuntung dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bantul: Tahun ke 2 dari rencana 2 tahun

Ari Ratnaningtyas, Yohana and Widyasmoro, Agnes (2016) Pemasaran Desa Wisata Kalibuntung dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Bantul: Tahun ke 2 dari rencana 2 tahun. Project Report. Lembaga Penelitian Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. Penyaji SemHas Hiber_2016_orange.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pengembangan desa wisata di Bantul belum mencapai hasil yang optimal. Dampak terhadap kondisi ekonomi, sosial budaya dan lingkungan belum maksimal. Hal ini mengindikasikan bahwa adanya permasalahan yang perlu diselesaikan dalam pengembangan desa wisata agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan yaitu memuwujudkan pariwisata yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu diperlukan suatu bentuk strategi yang efektif yaitu melalui penyadaran dan pemberdayaan masyarakat di Kalibuntung akan arti pentingnya pengembangan desa wisata. Diperlukan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang mengelola dan pola pemasaran desa wisata yang efektif agar dapat menarik pengunjung dalam jumlah yang beasr dan mampu bersaing serta unggul di bisnis wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai potensi di desa wisata Kalibuntung, bagaimana strategi pemasaran, mengetahui partisipasi dan pemberdayaan masyarakat serta dukungan dari pemerintah dalam mengembangkan pariwisata di Bantul. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif, deskriptif analitis. Data diperoleh dengan teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah diinventarisasi dan diidentifikasi, selanjutnya data akan dianalisis kemudian diambil kesimpulan. Untuk mencapai tujuan tersebut, direncanakan kegiatan 1) melakukan identifikasi situasi dan fasilitas pendukung, 2) mengevaluasi sumber daya manusia yang mengelola 3) pendampingan kelompok sadar wisata dalam pengembangan desa wisata Kalibuntung, serta 4) memberikan masukan terhadap peran serat masyarakat serta dukungan dari pemerintah daerah. Selanjutnya akan dibuat sebagai bahan acuan untuk mengembangan desa wisata

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Ari Ratnaningtyas, Yohananidn0005027304
Widyasmoro, Agnesnidn0006057806
Uncontrolled Keywords: pemasaran desa wisata, pengembangan pariwisata
Subjects: Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Tata Kelola Seni
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:16
Last Modified: 28 Jun 2022 06:16
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11583

Actions (login required)

View Item View Item