Analisis Semiotika Komunikasi Visual Video Klip Hara Tentang Makna Keseimbangan Alam

Setyo aji, Bima (2022) Analisis Semiotika Komunikasi Visual Video Klip Hara Tentang Makna Keseimbangan Alam. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Bima Setyo Aji_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
Bima Setyo Aji_2022_BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bima Setyo Aji_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Bima Setyo Aji_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (679kB)
[img] Text
Bima Setyo Aji_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
Official URL: http:// lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengintepretasikan pesan dan makna yang terkandung dalam video klip Hara menggunakan pendekatan teori semiotika Roland Barthes terkait makna konotasi dan mitos Metode yang digunakan adalah metode analisis semiotika komunikasi visual yang berdasar pada teori semiotika Roland Barthes terkait makna konotasi dan mitos serta analisis desain komunikasi visual. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa video klip Hara merupakan sebuah karya video klip naratif yang bertema kelestarian alam, yaitu memuat pesan dan makna untuk memengaruhi, mengajak, serta menyampaikan pesan kepada audiens atau penonton untuk saling menjaga dan merawat kelestarian bumi beserta elemen-elemen alam penyusunnya. Dalam menyampaikanpesannya, video klip ini menggunakan pendekatan personifikasi dengan mengambil sudut pandang sosok elemen-elemen alam yang diperankan oleh 6 (enam) penyanyi wanita tanah air, sebagai tokoh utamanya. Dalam menyampaikan pesan dan makna tentang kelestarian alam, video klip Hara menggunakan bentuk tanda visual dan verbal yang bersifat konotatif agar pesan dan makna yang disampaikan lebih menarik, dapat memuat pemaknaan yang bersifat subyektif atau lebih luas, menambah kesan rasa yang lebih indah dan dramatis dalam menyampaikan pesan, serta mampu membangkitkan emosi serta perhatian audiens atau penonton saat menangkap pesan dan makna yang terkandung di dalamya. Kata kunci : Intepretasi, Video Klip Hara, Semiotika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Setyo aji, Bimanim1812539024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorTinarbuko, Sumbonidn0001046616
ContributorIndrayana, Andikanidn0013118201
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Intepretasi, Video Klip Hara, Semiotika
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Bima Setyo Aji
Date Deposited: 08 Aug 2022 01:33
Last Modified: 25 Mar 2024 06:27
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11725

Actions (login required)

View Item View Item