Pembelajaran Seni Musik secara Daring bagi Siswa Tunagrahita di SMALB Negeri Pembina Yogyakarta

Nisa Aprilah, Hairun (2022) Pembelajaran Seni Musik secara Daring bagi Siswa Tunagrahita di SMALB Negeri Pembina Yogyakarta. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Hairun Nisa Aprilah_2022_FULLTEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
Hairun Nisa Aprilah_2022_BAB I.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Hairun Nisa Aprilah_2022_BAB V (PENUTUP).pdf

Download (6MB)
[img] Text
Hairun Nisa Aprilah_2022_JURNAL.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Hairun Nisa Aprilah_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Hairun Nisa Aprilah_2022_Pernyataan Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil dari pembelajaran Seni Musik secara daring bagi Tunagrahita di SMALB Negeri Pembina Yogyakarta. Anak Tunagrahita dengan keterbatasan yang dimiliki sebenarnya diperlukan adanya guru pendamping khusus secara langsung untuk membantu siswa Tunagrahita dalam belajar, namun dengan adanya COVID-19 pembelajaran harus dilakukan secara daring, komunikasi yang diperlukan dalam pembelajaran menjadi terbatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SMALB Tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Seni Musik secara daring bagi siswa Tunagrahita berjalan efektif dengan adanya penggunaan media pembelajaran seperti Youtube, Zoom Meeting, dan Whatsapp. Metode dan staregi pembelajaran Seni Musik secara daring bagi siswa Tunagrahita yang guru terapkan yaitu metode tanya jawab, metode diskusi, dan metode penugasan dan untuk strategi individualisasi dan strategi kooperatif. Hasil pembelajaran daring Seni Musik bagi siswa Tunagrahita mampu membawa pengaruh dan manfaat tertentu bagi siswa Tunagrahita menjadikan siswa Tunagrahita memiliki kepercaya diri, menumbuhkan rasa tanggung jawab, mampu mengikuti materi Seni Musik, siswa menjadi aktif dalam pembelajaran, melatih siswa Tunagrahita berpikir secara kritis, dan memunculkan keberanian siswa Tunagrahita dalam bertanya, menjawab dan mengungkapkan ide-ide mereka secara bebas Kata kunci: SMALB Pembina Yogyakarta; seni musik; tunagrahita ringan; daring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Nisa Aprilah, Hairunnim17101020132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorPrasetiyo, Ayubnidn0020077505
ContributorTio Parahita Nainggolan, Oriananidn0025058303
Department: KODEPRODI187121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: SMALB Pembina Yogyakarta; seni musik; tunagrahita ringan; daring
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Hairun Nisa Aprilah
Date Deposited: 15 Aug 2022 01:33
Last Modified: 15 Aug 2022 01:33
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11923

Actions (login required)

View Item View Item