‘Afifah, Zayyinatul (2022) Analisis Semiotika Botol Parfum Berbentuk Boneka Kokeshi Pada Produk “Shinzu’i Ume Body Mist”. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Zayyinatul 'Afifah_2022_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Zayyinatul 'Afifah_2022_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Zayyinatul 'Afifah_2022_BAB V.pdf Download (756kB) |
|
Text
Zayyinatul 'Afifah_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
Text
Zayyinatul 'Afifah_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (920kB) | Request a copy |
Abstract
Negara Jepang merupakan negara yang terkenal sebagai negara yang selalu menjunjung kebudayaan mereka. Dan kini hadir sebuah brand yang bertemakan negeri sakura itu yakni Shinzu’i UME, salah satu produknya adalah Shinzu’i Ume body mist yang diperjualbelikan di Indonesia. Sebuah produk bertemakan Jepang namun diperjualbelikan di luar negara tersebut. Dalam mempertahankan statusnya sebagai produk bertemakan Jepang, maka produk ini akan menciptakan suatu identitas agar tidak disalahpahami sebagai produk yang bertemakan negara lain selain Jepang, terutama pada kemasannya, hal pertama yang konsumen hadapi dari sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji visualisasi kemasan Shinzu’i Ume body mist dari aspek tanda dan makna sehingga dapat ditemukan representasi kebudayaan yang hadir pada kemasan tersebut. Data dikumpulkan dengan metode studi kepustakaan dan dokumentasi, selanjutnya data akan dianalisis menggunakan metode analisis tekstual dengan pendekatan teori semiotika. Teori semiotika yang digunakan adalah teori semiotika strukturalisme milik Charles Sanders Peirce dan Ferdinand de Saussure. Berdasarkan hasil analisis terhadap objek penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa aspek kebudayaan Jepang direpresentasikan dengan jelas terutama melalui bentuk dasar dari kemasan Shinzu’i UME body mist, yakni boneka Kokeshi, visualisasi baju kimono, dan nama dari produk itu sendiri yakni UME, yang dalam bahasa Jepang berarti bunga prem atau plum. Dengan sebuah kemasan yang merepresentasikan kebudayaan Jepang dengan jelas, hal ini memperlihatkan bagaimana Jepang mempertahankan reputasinya sebagai negara yang menjunjung kebudayaan, namun tetap bergerak menuju modernisasi. Hal ini bisa menjadi tolak ukur bagi Indonesia untuk lebih mengembangkan pengaplikasian nilai budaya Indonesia pada suatu produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | semiotika, botol parfum, boneka Kokeshi, produk Shinzu’i Ume body mist | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Zayyinatul 'Afifah | |||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 02:14 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 02:15 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11930 |
Actions (login required)
View Item |