Analisis Artistic Creation dan Semiotika Foto Essay “Life Goes On, Eight Years After Merapi Eruption” Karya Boy T. Harjanto

Saputra, Muhammad Zakaria (2020) Analisis Artistic Creation dan Semiotika Foto Essay “Life Goes On, Eight Years After Merapi Eruption” Karya Boy T. Harjanto. Skripsi thesis, ISI YOGYAKARTA.

[img] Text
M. Zakaria Saputra_fulltexts.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
M. Zakaria Saputra_fulltexts - Bab I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Naskah Publikasi_M. Zakaria Saputra_1310658031S.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Karya fotografi essay Boy T. Harjanto memiliki muatan cerita yang mengandung kenangan terhadap peristiwa erupsi Gunung Merapi Yogyakarta. Karya visual yang disajikan dengan ternik bertutur secara re-photography dan diperkuat dengan penggunaan judul yang mengandung unsur semangat bertahan hidup dalam menghadapi sebuah bencana. Hal itu menjadi ide untuk melakukan penelitian dengan judul “Analisis Artistic Creation dan Semiotika Foto Essay “Life Goes On, Eight Years After Merapi Eruption” Karya Boy T. Harjanto”. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses penciptaan kreasi artistik dan makna konotasi pada karya fotografi essay Boy Harjanto. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Setelah itu dilakukan seleksi dengan judge sampling yang berdasarkan objek dan komposisinya, sehingga dari 25 karya fotografi essay terpilih lima karya untuk dianalisis. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif dapat disimpulkan jika proses proses penciptaan kreasi artistik yang dilakukan Boy Harjanto sangat berkaitan dengan penerapan aspek praxis yang memiliki tahapan pemotretan, editing, dan penampilan. Ketiga tahapan tersebut memengaruhi proses penciptaan karya sehingga menghasilkan nilai estetis dalam karya fotografi essay-nya. Keindahan karya fotografi essay Boy Harjanto terletak pada visualisasi cerita yang dihasilkannya. Imaji yang terwujud kemudian dimaknai sebagai karya yang bercerita tentang semangat hidup masyarakar lereng Gunung Merapi Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Saputra, Muhammad Zakarianidn1310658031
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorIrwandi, Irwandinidn00027117702
Thesis advisorKusrini, Kusrininidn0031077803
Department: UPT Perpustakaan
Uncontrolled Keywords: fotografi essay, artistic creation, semiotika, konotasi
Subjects: Fotografi > fotografi ekspresi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 15 Aug 2022 04:35
Last Modified: 15 Aug 2022 04:35
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/11931

Actions (login required)

View Item View Item