Hevi Ananto, NIM. 9610859023 (2002) Perancangan Komunikasi Visual Untuk Mendukung Kampanye Obyek Wisata Kawasan Rowo Jombor Di Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakana.
Text
Pages from 152-Bab I.pdf - Published Version Download (5MB) |
|
Text
Pages from 152-Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
Pages from 152-Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
Pages from 152-Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
Pages from 152-4-Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pages from 152-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kabupaten Klaten merupakan kabupaten yang kaya akan potensi daerah, termasuk dalam hal ini adalah pada sektor pariwisata. Seiring dengan diberlakukannya otonomi daerah, Pemda Kabupaten Klaten berusaha mengoptimalkan usaha-usaha yang berkaitan dengan pendapatan daerah. Salah satu usaha tersebut adalah dengan mengembangkan industri pariwisata. Rowo Jombor dipandang pemerintah sebagai sebuah 0byek' wisata yang perlu dikembangkan. Dalam 2 (dua) tahun terakhir ini pendapatan daerah Kab. Klaten dari retribusi obyek wisata Rowo Jombor meningkat tajam. Hal itu disebabkan karena banyak dibangun warung apung di sekitar obyek oleh penduduk sekitar. Karena Rowo Jombor dipandang memberikan kontribusi yang cukup besar bagi Pemda Kabupaten Klaten, melalui dinas terkait yaitu Dinas Pariwisata berencana mengembangkan obyek-wisata Rowo Jombor dengan menggabungkan obyek wisata tersebut dengan obyek wisata di sekitamya yang saling mendukung dalam satu kesatuan obyek wisata Kayvasan Rowo Jombor. Diharapkan jumlah pengunjung yang datang akan terus meningkat, dikarenakan selain menikmati warung apung dan keindahan alam Rowo Jombor, wisatawan juga sekaligus bias mengunjungi obyek wisata yang berada di sekitar obyek wisata inti yang mempunyai keunggulan sendiri-sendiri yaitu Bukit Sidagura, Sendang Bulus Jimbung, Desa Keramik Melikan, dan Makam KA. Pandanarang. Berbagai usaha dalam mewujudkan hal tersebut telah dilakukan Dinas Pariwisata. Diantaranya dengan memperbaiki dan membangun prasarana dan sarana pcndukung kegiatan kepariwisataan. Salah satu hal yang tidak kalah pentingnya yaitu masalah publikasi. Maka untuk itu, Dinas Pariwisata membuat suatu kampanye (promosi) wisata melalui bcrbagai media komunikasi visual yang dipandang efektif. Dengan perancangan komunikasi visual yang komunikatif dan kreatif, diharapkan akan lebih mengenalkan obyek wisata Kawasan Rowo Jombor kepada masyarakat luas sehingga terjadi jumlah peningkatan pengunj ung secara signifikan dan pendapatan daerah Kabupaten Klaten akan tcrus meningkat.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Rupa | ||||
Uncontrolled Keywords: | desain, komunikasi visual, semiotika, promosi, pariwisata | ||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | ||||
Depositing User: | agus tiawan AT | ||||
Date Deposited: | 24 Oct 2014 05:56 | ||||
Last Modified: | 24 Oct 2014 05:56 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/120 |
Actions (login required)
View Item |