Oktadea Rahmah, Faed (2022) Enigma. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Faed Oktadea Rahmat_2022_Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
Faed Oktadea Rahmat_2022_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Faed Oktadea Rahmat_2022_BAB IV KESIMPULAN.pdf Download (208kB) |
|
Text
Faed Oktadea Rahmat_2022_Naskah Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
Text
view_usp=drivesdk Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (Persetujuan Publikasi)
img20220822_13002096.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) | Request a copy |
Abstract
“Enigma” ini diciptakan dan dibentuk menjadi sebuah koreografi utuh dengan didasari oleh rangsang gagasan atau Idesional. Rangsang tersebut dilihat dari beberapa adegan film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk yang menyangkut soal dilema. Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk diambil dari garis besarnya tentang interpretasi Dilema dari seorang Hayati antara pilihan cintanya terhadap Zainuddin yang tidak memiliki suku dari adat Minangkabau dan juga dilema terhadap adat yang berlaku dan aturan dari keluarga Hayati yang harus menikah dengan lelaki yang bersuku, beradat, berlembaga, dan berketurunan yang jelas asal usulnya. Karya tari ini akan diciptakan dalam bentuk koreografi kelompok, mengulas tentang interpretasi dilema dari seorang Hayati antara pilihan cintanya terhadap Zainuddin yang tidak memiliki suku dari adat Minangkabau dan juga dilema terhadap adat dan aturan dari keluarga Hayati yang haru menikah dengan lelaki yang bersuku, beradat, dan berlembaga yang terdapat dari film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk yaitu seorang berdarah campuran Minang dan Bugis yang bernama Zainuddin dan juga Hayati yang bersuku Minang asli, salah satu pemeran utama di film tersebut. Gagasan utama dalam karya ini adalah interprtetasi dilema Hayati sama seperti yang dirasakan oleh penata, yaitu dilema akan logika dan perasaan yang mungkin rata-rata manusia mengalami itu. Karya tari “Enigma” disajikan oleh 3 penari, dengan format tari video dengan pengambilan long take, tracking one shoot yang merupakan salah satu teknik sinematografi didalam tari video yang menggunakan tipe tari dramatik yang diadaptasi dari visual film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. Motif silat Minangkabau yang dimunculkan ialah beberapa silat Minangkabau yaitu motif dari Silek Tuo Langkah Nan Ampek, dan juga dihadirkan beberapa motif tari Minangkabau, seperti tari Pasambahan, dan tari Piring
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91231#SENI TARI | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Dilema, Cinta, Adat, Minangkabau, Bugis, Perasaan, Logika | |||||||||
Subjects: | Tari > Penciptaan Tari | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Penciptaan) | |||||||||
Depositing User: | Faet Oktadea Rahmat | |||||||||
Date Deposited: | 23 Aug 2022 00:54 | |||||||||
Last Modified: | 23 Aug 2022 00:54 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12087 |
Actions (login required)
View Item |