Fungsi Kancet Julut Pada Masyarakat Suku Dayak Kenyah Lepoq Tau Desa Long Merah Kabupten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur

Suganda, Lilis (2022) Fungsi Kancet Julut Pada Masyarakat Suku Dayak Kenyah Lepoq Tau Desa Long Merah Kabupten Mahakam Ulu Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Lilis Suganda_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Lilis Suganda_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lilis Suganda_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (323kB)
[img] Text
Lilis Suganda_2022_NASKAH PUBLIKASIH.pdf

Download (628kB)
[img] Text
Lilis Suganda_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kancet Julut merupakan satu dari tarian atau sekian banyak dari kesenian masyarakat Dayak pedalaman Kalimantan Timur dari suku Dayak Kenyah, tarian ini biasa disebut dengan tarian gerak sama atau dengan nama lain (rampak). Arti dari Kancet Julut adalah, Kancet yang berarti tari dan Julut berarti berbaris. Inilah mengapa tarian ini dikenal dengan Kancet Julut. Tarian ini merupakan tarian kelompok wanita suku Dayak Kenyah dengan jumlah yang tidak tetap, dapat dilakukan oleh 10 hingga 20 orang. Kancet Julut dibawakan oleh para wanita dengan ciri khas geraknya yang lemah lembut, berpadu dengan hiasan bulu burung enggang di tangan membuat Kancet Julut ini terlihat sangat anggun, yang menceritakan tentang kecantikan dan kelembutan para gadis Dayak Kenyah. Tarian ini berfungsi sebagai tarian hiburan, seperti pada acara penyambutan tamu, pada saat selesai panen, Uman Jenai dan penyambutan tahun baru. Penelitian ini mengulas perihal Fungsi Kancet Julut pada tari adat suku Dayak Kenyah Lepoq Tau dengan menggunakan pendekatan antropologi tari dalam teori Anthony Shay dalam buku Anya Peterson Royce memiliki beberapa teori fungsi. Diantaranya, Tari sebagai cerminan dan legitimasi tatanan sosial, tari sebagai wahana ekspresi ritus yang bersifat sekuler maupun religius, tari sebagai hiburan sosial atau kegiatan rekreasional, tari sebagai saluran maupun pelepasan kejiwaan, tari sebagai cerminan nilai estetik atau sebuah kegiatan estetik dalam dirinya sendiri, tari sebagai cerminan pola kegiatan ekonomi sebagai topangan hidup, atau kegiatan ekonomi dalam dirinya sendiri. Hasil analisis menyimpulkan bahwa selain sebagai fungsi hiburan, Kancet Julut memiliki beberapa fungsi yang berpengaruh terhadap masyarakat yaitu, tari sebagai hiburan dan sebagai tontonan masyarakat setempat, selain itu Kancet Julut juga berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat Dayak Kenyah Lepoq Tau yang ada di Desa Long Merah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Suganda, Lilisnim1810084411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorDana, I Wayannidn0008035603
ContributorMartiara, Rinanidn0006036609
Department: KODEPRODI91231#SENI TARIU
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kancet Julut, Dayak Kenyah Lepoq Tau, Fungsi Tari
Subjects: Tari > Pengkajian Tari
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Tari > Seni Tari (Pengkajian)
Depositing User: Lilis Suganda
Date Deposited: 21 Aug 2022 12:59
Last Modified: 21 Aug 2022 12:59
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12134

Actions (login required)

View Item View Item