Estetisasi Fotografi Dalam Iklan di Media Cetak

Prayanto Widyo Harsanto, 196302111999031001 (2013) Estetisasi Fotografi Dalam Iklan di Media Cetak. Mudra, 28 (2). pp. 174-184. ISSN 0854-3461

[img]
Preview
Text
Daftar Isi dan Pendahuluan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Penutup dan Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Fotografi untuk sebuah iklan tidak sekadar memiliki nilai artistik semata, tetapi juga dituntut memiliki konsep yang berkaitan dengan fungsi pemasaran dan prinsip-prinsip desain (estetik-persuasif). Oleh sebab itu, fotografi dalam iklan selain memberikan arti secara konteks fungsional, tetapi juga dalam konteks estetis. Dalam konteks fungsional, fotografi dari iklan dibuat untuk tujuan membantu pemasaran atas produk dan jasa secara persuasif kepada target audiens. Pada konteks estetis, fotografi dalam iklan mampu mencerminkan gaya (ciri visual) sesuai zamannya. Sehubungan dengan pengkajian ini, penampilan fotografi dalam iklan di rnedia cetak rnengalami berbagai perkernbangan dan perubahan gaya dan estetisasi dari waktu ke waktu. Perspektif estetika digunakan untuk menganalisis fotografi dalam iklan di rnedia cetak. Dimana unsur estetika menjadi variabel penting dapat membantu rnengungkapkan makna-makna melalui bentuk dan penampilan iklannya. Dengan kalimat lain, tujuan iklan akan menentukan seperti apa gambar (foto) yang dibutuhkan dan penampilan fotografi dalam iklan tidak sebatas denotatif (penanda), maupun konotatif (petanda) saja, melainkan juga sebagai kode atau tema budaya. Sebagai hasil dari kebudayaan massa, karya fotogr:afi dalam iklan, diperlakukan sebagai komoditas yang dapat produksi dan telah dikonsumsi secara massal. Melalui pendekatan estetika, kajian ini dapat rnengungkapkan gaya visual fotografi dalam iklan dengan menonjolkan proses kreatif, moderenisasi dan permasalahan sosial yang melatarbelakanginya

Item Type: Article
Creators:
CreatorsNIM
Prayanto Widyo Harsanto, 196302111999031001UNSPECIFIED
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Fotografi > fotografi komersial
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: IH Nurcahyadi Nurcahyadi
Date Deposited: 28 Dec 2016 22:47
Last Modified: 28 Dec 2016 22:47
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item