Haq Latifatuzzahro, Arina (2022) Analisis Label “Hijab” Pada Kemasan Produk Wings. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.
Text
Arina Haq Latifatuzzahro_2022_FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
Arina Haq Latifatuzzahro_2022_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Arina Haq Latifatuzzahro_2022_BAB V.pdf Download (714kB) |
|
Text
Arina Haq Latifatuzzahro_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (391kB) |
|
Text
Arina Haq Latifatuzzahro_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
Abstract
Produk-produk berlabel “hijab” termasuk dalam produk yang aktif diproduksi oleh berbagai perusahaan, termasuk Wings. Label “hijab” pada kemasan menjadi pengaruh terhadap elemen-elemen di dalamnya dan memungkinkan adanya praktik komodifikasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap kemasan produk-produk berlabel “hijab” Wings dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritis (AWK) Van Dijk untuk menguraikan wacana di balik pencantuman teks “hijab” pada kemasan. Teori AWK Van Dijk yang menggambarkan tiga dimensi dalam suatu wacana, yaitu dimensi teks, konteks, dan kognisi sosial, menjadi pedoman untuk menganalisis objek dalam penelitian ini, yakni kemasan produk-produk berlabel “hijab” yang dihasilkan perusahaan Wings, antara lain: So Klin Pewangi Hijab Double Perfume, Deterjen Daia Clean & Fresh Hijab, Giv Hijab, Giv White Hijab, & Natural Hijab Refresh Series, serta Royale by So Klin Perfume Series Hijab. Analisis tersebut dilakukan dengan menguraikan tiga dimensi AWK Van Dijk dalam masing-masing kemasan. Hasil analisis membuktikan adanya praktik komodifikasi melalui tampilan visual kemasan masyarakat berhijab sebagarai representasi target konsumen serta ditampilkan secara berbeda agar terlihat lebih menonjol dari kemasan produk lain yang masih dalam satu seri. Sementara itu, teks “hijab” pada kemasan memiliki makna semula berupa tabir, atau secara spesifik berkaitan dengan kain yang dapat menimbulkan ambiguitas target konsumen dalam memahami tujuan produk, terutama dalam menghubungkan makna teks “hijab” dengan kegunaan produk ketika hijab dipahami sebagai penutup kepala dan rambut perempuan muslim di zaman ini dan menggantikan istilah “jilbab” dan “kerudung”. Oleh karena itu, penggunaan teks “hijab” pada kemasan terkesan dipaksa menyatu dengan pemahaman hijab di masa kini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241# Desain Komunikasi Visual | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemasan, Hijab, Target Pasar, Komodifikasi, Analisis Wacana Kritis Van Dijk | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Arina Haq Latifatuzzahro | |||||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2022 07:49 | |||||||||
Last Modified: | 25 Aug 2022 07:49 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12331 |
Actions (login required)
View Item |