Analisis Label “Hijab” Pada Kemasan Produk Wings

Haq Latifatuzzahro, Arina (2022) Analisis Label “Hijab” Pada Kemasan Produk Wings. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Arina Haq Latifatuzzahro_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Arina Haq Latifatuzzahro_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Arina Haq Latifatuzzahro_2022_BAB V.pdf

Download (714kB)
[img] Text
Arina Haq Latifatuzzahro_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Arina Haq Latifatuzzahro_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
Official URL: https://lib.isi.ac.id/

Abstract

Produk-produk berlabel “hijab” termasuk dalam produk yang aktif diproduksi oleh berbagai perusahaan, termasuk Wings. Label “hijab” pada kemasan menjadi pengaruh terhadap elemen-elemen di dalamnya dan memungkinkan adanya praktik komodifikasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap kemasan produk-produk berlabel “hijab” Wings dengan menggunakan pendekatan analisis wacana kritis (AWK) Van Dijk untuk menguraikan wacana di balik pencantuman teks “hijab” pada kemasan. Teori AWK Van Dijk yang menggambarkan tiga dimensi dalam suatu wacana, yaitu dimensi teks, konteks, dan kognisi sosial, menjadi pedoman untuk menganalisis objek dalam penelitian ini, yakni kemasan produk-produk berlabel “hijab” yang dihasilkan perusahaan Wings, antara lain: So Klin Pewangi Hijab Double Perfume, Deterjen Daia Clean & Fresh Hijab, Giv Hijab, Giv White Hijab, & Natural Hijab Refresh Series, serta Royale by So Klin Perfume Series Hijab. Analisis tersebut dilakukan dengan menguraikan tiga dimensi AWK Van Dijk dalam masing-masing kemasan. Hasil analisis membuktikan adanya praktik komodifikasi melalui tampilan visual kemasan masyarakat berhijab sebagarai representasi target konsumen serta ditampilkan secara berbeda agar terlihat lebih menonjol dari kemasan produk lain yang masih dalam satu seri. Sementara itu, teks “hijab” pada kemasan memiliki makna semula berupa tabir, atau secara spesifik berkaitan dengan kain yang dapat menimbulkan ambiguitas target konsumen dalam memahami tujuan produk, terutama dalam menghubungkan makna teks “hijab” dengan kegunaan produk ketika hijab dipahami sebagai penutup kepala dan rambut perempuan muslim di zaman ini dan menggantikan istilah “jilbab” dan “kerudung”. Oleh karena itu, penggunaan teks “hijab” pada kemasan terkesan dipaksa menyatu dengan pemahaman hijab di masa kini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Haq Latifatuzzahro, Arinanim1710254124
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRahayu, Hestinidn0030077401
ContributorIndrayana, Andikanidn001311820
Department: KODEPRODI90241# Desain Komunikasi Visual
Uncontrolled Keywords: Kemasan, Hijab, Target Pasar, Komodifikasi, Analisis Wacana Kritis Van Dijk
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Arina Haq Latifatuzzahro
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:49
Last Modified: 25 Aug 2022 07:49
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12331

Actions (login required)

View Item View Item