Sima Prajahita, Putri (2022) Estetika Film Parasite dengan Analisis Fokalisasi (Melalui Sudut Pandang Tokoh). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
PUTRI SIMA PRAJAHITA_2022_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
PUTRI SIMA PRAJAHITA_2022_BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
PUTRI SIMA PRAJAHITA_2022_BAB PENUTUP.pdf Download (214kB) |
|
Text
Putri Sima Prajahita_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (702kB) |
|
Text
PUTRI SIMA PRAJAHITA_2022_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
Putri SIma Prajahita_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (70kB) | Request a copy |
Abstract
Film Parasite membentuk alur cerita yang kompleks. Adegan demi adegan pada film Parasite memungkinkan apresian film dapat melihat dari sudut pandang pencerita maupun karakter yang variatif. Pendekatan teori yang tepat untuk menganalisis sudut pandang antara pencerita (narator) dan karakter adalah fokalisasi yang pertama kali dicetuskan oleh Gerard Genette. Penelitian ini mengkaji bagaimana fokalisasi diterapkan ke dalam film Parasite dan bagaimana analisis fokalisasi menjadi dasar kajian estetika film Parasite melalui Skripsi Pengkajian Seni berjudul Estetika Film Parasite dengan Analisis Fokalisasi (Melalui Sudut Pandang Tokoh). Penelitian ini akan dianalisis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan dokumentasi dan observasi. Satuan data yang akan dianalisis berupa scene-scene yang ada di dalam film Parasite yang mengandung penerapan teori fokalisasi di dalamnya. Tahap penelitian ini dimulai dengan mengamati film Parasite, menganalisis naratif film Parasite, menganalisis fokalisasi film Parasite, menganalisis relasi fokalisasi antartokoh pada film Parasite, mengkaji estetika film Parasite, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan penerapan fokalisasi pada tiga karakter utama dan pendukung yaitu keluarga Kim, keluarga Park, dan keluarga Moon-gwang. Penerapan fokalisasi terbanyak adalah fokalisasi eksternal dengan jumlah fokalisasi keluarga Kim 143 scene, fokalisasi keluarga Park 86 scene, dan fokalisasi keluarga Moon-gwang 49 scene. Fokalisasi Internal diterapkan pada fokalisasi keluarga Kim sebanyak 26 scene dan fokalisasi keluarga Moon-gwang sebanyak 1 scene. Relasi fokalisasi yang terjadi antara tokoh utama dan pendukung membentuk alur cerita yang dramatis melalui fokalisasi internal dan eksternal. Jadi, estetika film Parasite berkaitan dengan pengungkapan karakter dan pembangunan alur cerita yang padat dan dramatis. Sehingga, film Parasite dapat dinikmati apresian dengan penuh suspense.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI91261# TELEVISIDANFILM | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Estetika, Naratif, Fokalisasi, Film Parasite | |||||||||
Subjects: | Televisi > Televisi Penciptaan dan pengkajian seni |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi | |||||||||
Depositing User: | PUTRI SIMA PRAJAHITA | |||||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2022 03:20 | |||||||||
Last Modified: | 31 Aug 2022 03:20 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12385 |
Actions (login required)
View Item |