Pemilihan Karakteristik Stick untuk Eksplorasi Timbre Snare Drum pada Repertoar Asventuras For Solo Snare Drum Karya Alexej Gerassimez

Rizqi Kurniawan, Cahyan (2022) Pemilihan Karakteristik Stick untuk Eksplorasi Timbre Snare Drum pada Repertoar Asventuras For Solo Snare Drum Karya Alexej Gerassimez. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Cahyan Rizqi Kurniawan_2022_BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Cahyan Rizqi Kurniawan_2022_BAB V.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Cahyan Rizqi Kurniawan_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Cahyan Rizqi Kurniawan_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
Cahyan Rizqi Kurniawan_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Cahyan Rizqi Kurniawan_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB) | Request a copy
Official URL: https://youtu.be/3gYM21zFWDY

Abstract

Asventuras For Solo Snare Drum adalah salah satu karya dari Alexej Greassimez yang merupakan karya Absolute. Karya ini di premier kan pertama kali oleh Alexej pada festival musik Tromp Percusion pada tahun 2010, pada repertoar ini digunakan beberapa stick seperti stick timpani, stick drum, dan stick brush di tambah juga dengan zona pukul snare drum yaitu bagian edge.half ,dan center selain memukul bagian membrane karya asventuras juga menggunakan zona yang tidak umum seperti memukul bagian body snare drum sampai memainkan nya menggunakan tangan dan juga jari. Penulis mengangkat topik ini karena pada karya asventuras memiliki keunikan dan kesulitan tersendiri di mana dalam satu instrumen snare drum dapat di mainkan dengan beberapa alat pukul dan zona pukul yang berbeda-beda di setiap bagian nya sehingga menghasilkan timbre yang berbeda-beda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Proses yang dilakukan penulis melalui pengumpulan data kepustakaan, diskografi, wawancara, analisis data, eksplorasi, dan revisi latihan. Penerapan untuk mencari karakteristik stick dimana sumber yang penulis cari dari video komposer dan juga dari partitur yang penulis mainkan sudah ada simbol di partitur asventuras. Metode latihan yang dipakai oleh penulis adalah melalui latihan mandiri dimana pada tahap pertama penulis menganalisis repertoar asventuras, selanjutnya penulis melatih Rudiment dasar tekhnik perkusi dan dilanjutkan dengan latihan per bagian pada repertoar asventuras. Adapun kesimpulan yang di dapat pada pembahasan ini adalah karakteristik stik itu sendiri dapat menambah wawasan dan reverensi bagi penulis maupun pemain perkusi lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rizqi Kurniawan, Cahyannim16000980134
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorLatif, Bakharudinnidn0008018409
Department: D4 Penyajian Musik
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Stick, Timbre, Asventuras
Subjects: Musik > Penyajian musik (musik pertunjukan dan pop-jazz)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Cahyan Rizqi Kurniawan Kurniawan
Date Deposited: 26 Aug 2022 05:11
Last Modified: 26 Aug 2022 05:11
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12435

Actions (login required)

View Item View Item