Menimbang Ulang 'Daya Hidup' Kreativitas Oka Astawa

Sucitra, I Gede Arya (2016) Menimbang Ulang 'Daya Hidup' Kreativitas Oka Astawa. In: Narasi: Oka Art Project#1. Penerbit SAE, Yogyakarta, pp. 57-65. ISBN 978-602-60395-0-7

[img] Text (Tulisan ini menimbang daya kepekaan, filosofis dan geliat kreativitas seni Oka Astawa yang mana memang memiliki ketertarikan pada aspek ekologi dan kebudayaan.)
Merespons ruang, menggugah ingatan-Book chapture.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Sebagai seorang seniman lukis, Oka Astawa membekali dirinya dengan kekuatan budaya Bali terutama pada aspek pengalaman sosial, keselarasan alam dan nilai-nilai kearifan lokal. Dengan pemahaman filosofis tersebut, Oka menyikapinya sebagai kearifan lokal yang hidup dan bertumbuh, sehingga memerlukan interpretasi dan reposisi yang tepat sehingga dapat menyelami spirit jaman yang sedang berkembang. Sangat banyak nilai kearifan lokal Bali yang mendasari Oka dalam bertingkah laku, berpikir, berujar dan mengekspresikan karya seninya. Beberapa seperti Tri Hita Karana, Rwa Bhineda, dan Desa Kala Patra. Konsep dasar Desa-Kala-Patra yang diterapkan Oka dalam adaptasi diri pergaulan sebagai salah satu tanda kehidupan adat dan tradisi yang telah diinterpretasi dan direposisi adalah metode untuk mempelajari, menyerap, dan kemudian mengadaptasikan dirinya dengan wajah zaman.

Item Type: Book Section
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sucitra, I Gede Aryanip198007082006041002
Subjects: Karya Dosen
Seni Murni > Seni Lukis
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: I Gede Arya Sucitra
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:04
Last Modified: 02 Sep 2022 07:04
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12577

Actions (login required)

View Item View Item