Merespons Ruang, Menggugah Ingatan

Sucitra, I Gede Arya (2016) Merespons Ruang, Menggugah Ingatan. In: Post Event-Catalog Tugas Akhir Jurusan Fotografi. Badan Penerbit ISI Yogyakarta, Yogyakarta, pp. 204-209. ISBN 978-979-8242-91-5

[img] Text (Tulisan ini membicarakan cara pandang maupun persoalan estetika karya photografi pada pameran seni tugas akhir 2016 mahasiswa photografi ISI Yogyakarta)
Merespons ruang, menggugah ingatan-Book chapture.pdf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Selembar foto bisa membawa kita pada kesadaran yang berbeda dengan cara pandang yang berlainan. Apa yang dilihat oleh mata telanjang sangat mungkin berbeda dengan apa yang terekam oleh kamera. Mata melihat segala sesuatu secara jelas dan dekat (close-up), sementara pada mata kamera belum tentu demikian, bisa jd terjadi pembiasan, bahkan bisa jadi tampil berbeda dengan permainan fokus detail dan saturasi warna apalagi dengan kemampuan digital imajing. Tidak seperti penulis dan pelukis, fotografer tidak dapat membuat image secara keseluruhan dari pikiran, ingatan, dan emosinya sendiri akan tetapi dia harus mempunyai sebuah subjek di depannya. Dia harus mencari atau membuat Subjek itu menjadi ada dan dapat ditangkap oleh mata kamera.

Item Type: Book Section
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sucitra, I Gede Aryanidn0008068007
Subjects: Karya Dosen
Fotografi
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: I Gede Arya Sucitra
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:07
Last Modified: 02 Sep 2022 07:07
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item View Item