VIBRASI SEKALA-NISKALA LUKISAN I NYOMAN SUKARI

Sucitra, I Gede Arya (2019) VIBRASI SEKALA-NISKALA LUKISAN I NYOMAN SUKARI. In: TRAJECTORY: POSTHUMOUS SOLO EXHIBITION OF I NYOMAN SUKARI. Sarasvati art communication & Publication, Jakarta, pp. 66-85. ISBN 978-602-14508-1-9

[img] Text (“Trajectory: Posthumous Solo Exhibition of I Nyoman Sukari” adalah sebentuk perjalanan reflektif kekaryaan Bli Sukari dan capaian estetika pemikirannya semenjak jaman SMSR hingga masa akhir hayatnya 2010.)
book chapture-arya-buku TRAJECTORY I NYOMAN SUKARI 2019.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (65MB)

Abstract

Dalam menimbang dan memaknai kreativitas serta filsafat pemikiran karya-karya lukisan I Nyoman Sukari, dalam pameran tunggal lukisan Trajectory: Posthumous Solo Exhibition of I Nyoman Sukari menjadi penting melihat kembali siapa dia, darimana dia berasal, bagaimana lingkungan sosial budayanya, apa pengalaman kulturalnya, mengapa dia melukis, dan apa yang dia lukis. Nilai-nilai sekala- niskala ke-Balian dalam kedirian Sukari menjadi bekal dia untuk kemudian bertahun-tahun kemudian menghasilkan karya yang khas, unik, berkarakter serta melampaui realitas, ada getaran ketermenungan yang kuat jika memandang lekat- lekat karya Sukari. I Nyoman Sukari seseorang yang berketerampilan komplit, gelombang berkesenian seniman Sukari tidak hanya di lukisan, tapi juga ahli dikarawitan, bermain gambelan, menyuling, menari, matembang hingga pemahaman nilai- nilai kebijaksanaan dan lokalitas Bali. Pada titik ini, karya lukisan Sukari membangun objek yang intim nilai- nilai ke-Balian, ekspresi individual dari pergulatan bernegosiasi dengan berbagai pengaruh dari luar diri, baik budaya modern dan budaya Jawa, melahirkan narasi- narasi kebatinan penuh dengan metafor dan simbolisasi.

Item Type: Book Section
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sucitra, I Gede Aryanidn0008068007
Subjects: Karya Dosen
Seni Murni > Seni Lukis
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: I Gede Arya Sucitra
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:24
Last Modified: 02 Sep 2022 07:24
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12618

Actions (login required)

View Item View Item