Menoreh Horizon Dialektika Seni Perupa Kulon Progo

Sucitra, I Gede Arya (2021) Menoreh Horizon Dialektika Seni Perupa Kulon Progo. Dinas Kebudayaan Kulon Progo, Kulon Progo D.I Yogyakarta.

[img] Text (Kemunculan karya-karya seni seniman akademis Kulon Progo ini merupakan generasi yang memiliki upaya untuk terus menerus menguatkan tradisi lokalitas-modernis, lokalitas-kontemporer sekaligus menjadi 'penggugah' kemapanan tata tradisional.)
2021-ebook-catalog exhibition-Kulon Progo Annual Art 'gugah'.pdf - Published Version

Download (27MB)

Abstract

Arti kata 'Gugah' dalam KBBI online, gu·gah, meng·gu·gah;1 menjagakan; membangunkan orang tidur; 2 membangkitkan; menyentuh hati; ter·gu·gah: terbangkitkan; terbangunkan; gu·gah·an; hasil menggugah; peng·gu·gah: orang yg menggugah; alat untuk menggugah. Oleh karenanya, substansi tulisan ini berupaya menunjukkan bahwa pemahaman kita menggugah dialektika berkesenian tersebut terletak pada “modal kultural” pola pikir yang nantinya menginterpretasikan gambaran, imaji baik yang berasal dari dalam maupun luar diri, yang disadari kehadirannya atas berbagai gejala, fenomena kultural sehingga mampu mengidentifikasikan “derajat kesadaran atas realitas ruang, waktu dan konteks” maupun “tindakan imbangannya sebagai luaran responsif”. Seni memberikan kita kebebasan dalam berkreativitas, namun bukanlah kebebasan tanpa batas, dan cakrawala pemikiran yang sewenang-wenang tapi “kebebasan” setelah betul-betul mengenali tapal sekat-batas, horizon pemikiran maupun dialektika nilai-nilai aktual-kontekstualnya dilingkungan nyata sehari-hari maupun tanggapan sistem makna dalam benak kita masing- masing.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Sucitra, I Gede Aryanidn0008068007
Subjects: Karya Dosen
Seni Murni > Seni Lukis
Seni Murni > Seni Patung
Seni Murni > Seni Grafis
Tata kelola seni
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: I Gede Arya Sucitra
Date Deposited: 13 Sep 2022 06:09
Last Modified: 13 Sep 2022 06:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12704

Actions (login required)

View Item View Item