Bentuk Visual dan Makna Topeng Ragil Kuning di Kampung Budaya Polowijen,Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur

Yudhistira Ikbar, Adam (2020) Bentuk Visual dan Makna Topeng Ragil Kuning di Kampung Budaya Polowijen,Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Adam Yudhistira Ikbar__JURNAL.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://isi.ac.id

Abstract

Wayang Topeng Gaya Malang adalah salah satu kesenian khas di daerah Malang. Kesenian ini memadukan antara topeng, gerak tubuh, dan alunan instrumen gamelan. Seperti halnya kesenian wayang topeng di provinsi Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Cirebon; kesenian ini memakai topeng sebagai medium penentu peran tiap aktor. Bentuk visual topeng di daerah ini mempunyai ciri khas unik tersendiri. Pembentukan desa wisata Kampung Budaya Polowijen menjadi salah satu upaya untuk pelestarian kesenian tradisional, khususnya kesenian Wayang Topeng Gaya Malang. Kampung Budaya Polowijen terletak di kelurahan Polowijen, kecamatan Blimbing, kota Malang, provinsi Jawa Timur. Desa wisata tersebut bermula dari ditemukannya topeng panji Ragil Kuning yang diperkirakan telah berusia 80 tahun yang kemudian mendapat perhatian dari arkeolog kota Malang, Berdasarkan catatan sejarah, pada tahun 1930 hiduplah maestro Wayang Topeng Gaya Malang bernama Reni. Menariknya, di kampung tersebut terdapat situs-situs sejarah yang diperkirakan ada sebelum berdirinya kerajaan Singhasari kampong halaman dari permaisuri kerajaan tersebut yang bernama Ken Dedes. Bukti-bukti sejarah tersebut memunculkan analogi yang berkembang pada masyarakat bahwa Ragil Kuning merupakan representasi dari sosok Ken Dedes yang kemudian menjadi ikon desa wisata tersebut. Salah satu upaya pengenalan budaya oleh Kampung Budaya Polowijen selain menyelenggarakan acara budaya tradisional, adalah membuat produk yang bertajuk Wayang Topeng Gaya Malang. Produk tersebut menggunakan teknik grafis dalam proses pembuatannya, yaitu teknik silkscreen dan teknik cetak digital. Teknik grafis dirasa sesuai dengan produksi merchandise karena dapat mencetak lebih dari satu produk yang sama dalam waktu singkat. Penulisan ini dibuat dengan menggunakan metode penelitian seni yang bersifat kualitatif. Penulis terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data yang akurat. Tugas akhir ini mengkaji visual Ragil Kuning yang kemudian diaplikasikan dalam produk yang diproduksi dengan menggunakan teknik grafis. Melalui tugas akhir ini, diharapkan menambah wacana terkait seni grafis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Yudhistira Ikbar, Adamnim1512596021
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: Wayang Topeng Gaya Malang, Ragil Kuning, Kampung Budaya
Subjects: Seni Murni > Seni Lukis
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Seni Murni > Seni Lukis
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 20 Sep 2022 07:29
Last Modified: 20 Sep 2022 07:29
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item View Item