Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi

Afusa Nidya Kinasih, 1210610031 (2017) Aspek Persepsi Dan Emosi Pada Foto Iklan Layanan Masyarakat “Safety Riding”: Kajian Fotografi Dengan Perspektif Psikologi. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
3. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
5. BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Kebanyakan kecelakaan yang terjadi dewasa ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu kelalaian pengendara, tidak konsentrasinya pengendara saat berkendara, dan melakukan hal yang tidak wajar saat berkendara. Untuk meminimalkan terjadinya kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa yang lebih banyak lagi, salah satu langkah konkret yang dilakukan pihak Kepolisian adalah dengan dibuatnya iklan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi dan emosi pemirsa terhadap foto iklan layanan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Adapun sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, untuk kemudian dianalisis menggunakan teori kritik seni, persepsi, dan emosi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semakin artistik dan semakin menarik foto yang dibuat, maka pesan yang disampaikan fotografer dapat terbaca dengan jelas. Jenis visual yang yang memperlihatkan dampak langsung akibat kurangnya kesadaran saat berkendara akan membuat responden lebih berhati-hati saat berkendara. Selain itu, ketiga foto yang disajikan dapat menyentuh emosi responden. Hal ini dapat dikatakan bahwa pesan dan informasi yang dibuat oleh fotografer dapat tersampaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM
Afusa Nidya Kinasih, 1210610031UNSPECIFIED
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Additional Information : 1. Irwandi 2. Kusrini
Uncontrolled Keywords: Fotografi, Iklan Layanan Masyarakat, Persepsi, Emosi
Subjects: Fotografi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Fotografi
Depositing User: jody JS Santoso
Date Deposited: 23 Mar 2017 02:21
Last Modified: 23 Mar 2017 02:21
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

View Item View Item