Strategi Pembelajaran Komputer Musik Secara Daring Untuk Kelas XI Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kasihan Yogyakarta

Tri Astanta, Aditya Anggara (2022) Strategi Pembelajaran Komputer Musik Secara Daring Untuk Kelas XI Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kasihan Yogyakarta. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Aditya Anggara Tri Astanta_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Aditya Anggara Tri Astanta_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aditya Anggara Tri Astanta_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aditya Anggara Tri Astanta_2022_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aditya Anggara Tri Astanta_2022_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Aditya Anggara Tri Astanta_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (448kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran daring mata pelajaran komputer musik untuk kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta beserta penerapannya. Penelitian ini dilakukan pada saat kondisi pandemic Covid-19 yang mengharuskan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kasihan Bantul mengadakan pembelajaran secara daring atau online, sehingga guru merancang materi pembelajaran dengan membuat video pembelajaran dan penggunaan software Sibelius dan mengadakan pertemuan dengan siswa dengan menggunakan google meet. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan sampel ini berfokus pada satu kelas yaitu kelas XI A yang berjumlah 28 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran komputer musik secara daring untuk kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta ini berlangsung dengan menggunakan strategi yang diterapkan guru pengampu seperti: strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung dan strategi pembelajaran mandiri. Untuk menunjang strategi tersebut guru menggunakan 3 metode yaitu: metode demonstrasi, metode pemberian tugas, dan metode praktik. Pada pembelajaran komputer musik secara daring dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan, walaupun tidak semaksimal pada pembelajaran secara luring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Tri Astanta, Aditya Anggaranim17101350132
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorWidodo, Tri Wahyunidn0014027301
ContributorPrasetiyo, Ayubnidn0020077505
Department: KODEPRODI87121#PENDIDIKANMUSIK
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran daring; komputer musik;software; Encore; Sibelius
Subjects: Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik
Depositing User: Aditya Anggara Tri Astanta
Date Deposited: 10 Oct 2022 08:07
Last Modified: 10 Oct 2022 08:07
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12811

Actions (login required)

View Item View Item