Unsur-Unsur Pertunjukan dan Peran Bissu Pada Sere Maggiri Dalam Upacara Ritual Mattompang Arajang: Proses Penyucian Benda Pusaka Kerajaan Bone

Rachmat, Ramdani (2021) Unsur-Unsur Pertunjukan dan Peran Bissu Pada Sere Maggiri Dalam Upacara Ritual Mattompang Arajang: Proses Penyucian Benda Pusaka Kerajaan Bone. Skripsi thesis, ISI Yogyakarta.

[img] Text
Ramdani Rachmat_2021_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Ramdani Rachmat_2021_BAB I.pdf

Download (869kB)
[img] Text
Ramdani Rachmat_2021_BAB PENUTUP.pdf

Download (328kB)
Official URL: http://isi.ac.id

Abstract

Upacara Ritual Mattompang Arajang mulai dilakukan sejak wafatnya Raja Kerajaan Bone Arung Palakka. Prosesi ritual ini dilakukan untuk mencuci benda-benda peninggalan Raja Arung Palakka. Di dalam ritual Mattompang Arajang terdapat ritus Sere Maggiri. Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui unsur-unsur pertunjukan dan Peran Bissu dalam ritus Sere Maggiri pada Upacara Ritual Mattompang Arajang. Di dalam skripsi ini digunakan teori liminalitas. Liminalitas merupakan konsep yang dipinjam dari Van Gennep, secara sederhana dipergunakan untuk merujuk pada ritus peralihan. Ritus peralihan sendiri terjadi untuk menandai sebuah perubahan atau peralihan tempat, keadaan, kedudukan sosial dan usia. Teori ini untuk melihat proses perubahan yang terjadi pada komunitas Bissu saat memasuki upacara ritual. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu metode yang mengarah pada pendeskripsian secara rinci dan mendalam, baik kondisi maupun proses, dan juga hubungan atau saling keterkaitannya mengenai hal-hal pokok yang ditemukan pada sasaran penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Rachmat, Ramdaninim1610851014
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorKuardhani, Hirwannidn0031126253
Department: UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta
Uncontrolled Keywords: upacara ritual Mattompang Arajang, Sere Maggiri, Bissu
Subjects: Teater > Pengkajian seni teater (dramaturgi)
Divisions: Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Teater
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:04
Last Modified: 15 Nov 2022 07:06
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12967

Actions (login required)

View Item View Item