Mitos Maskulinitas Sebagai Konsep Konten Produk Kecap ABC Di Media Sosial Di Instagram (Studi Kasus: Konten Akademi Suami Sejati)

Indrayana, Andika and Putri Mardianti, Nurmala (2019) Mitos Maskulinitas Sebagai Konsep Konten Produk Kecap ABC Di Media Sosial Di Instagram (Studi Kasus: Konten Akademi Suami Sejati). Other thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (827kB)
[img] Text
BAB VI. PENUTUP (KESIMPULAN).pdf

Download (720kB)
[img] Text
Andika Indrayana_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PENERBITAN ARTIKEL JURNAL.pdf

Download (673kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Akademi Suami Sejati merupakan salah satu tema yang digunakan oleh produk Kecap ABC dalam berpromosi di media sosial Instagram. Tema ini bertujuan untuk mengkampanyekan kesetaraan gender dalam rumah tangga, yaitu peran suami dalam aktivitas memasak sebagai upaya membangun keharmonisan rumah tangga. Melalui tema ini, berbagai citra maskulin direpresentasikan melalui bahasa visual dalam berbagai konten, baik gambar maupun visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menginterpretasi mitos maskulinitas yang terdapat pada konten yang diunggah oleh produk di media sosial Instagram, untuk mendapatkan struktur mitos dan relasi mitos dengan wacana gender. Dalam proses analisis, penelitian ini menggunakan metode tingkatan tanda yang dikembangkan oleh Roland Barthes, berikut tujuh metodenya untuk menginterpretasi objek visual. Melalui analisis, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa: (1) citra maskulin pada konten unggahan produk kecap ABC merepresentasikan suatu bentuk kesetaraan antara laki-laki dan perempuan namun tanpa merendahkan citra kemaskulinannya. (2) citra maskulin identik dengan konsep Dadi Wong dan Dadi Modern dalam budaya Jawa.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Indrayana, Andikanidn0013118201
Putri Mardianti, Nurmala1510165124
Department: KODEPRODI90241#DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
Uncontrolled Keywords: Mitos, Konten Instagram, Maskulinitas, Kesetaraan Gender
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: sri SE endarti
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:02
Last Modified: 21 Nov 2022 07:02
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/12992

Actions (login required)

View Item View Item