Penyesuaian Pelayanan Perpustakaan Terhadap Karakteristik Pemustaka Generasi Z: Studi Kasus Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta

Hartono, Agung (2022) Penyesuaian Pelayanan Perpustakaan Terhadap Karakteristik Pemustaka Generasi Z: Studi Kasus Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, UPT PerpustakaanISI Yogyakarta.

[img] Text
catatan_akhir_516-[20221118031752].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Penyesuaian Layanan Perpustakaan Terhadap Karakteristik Pemustaka Generasi Z. Studi Kasus Layanan UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan perpustakaan menyesuaikan diri dengan karakteristik pemustaka yang berasal dari generasi Z atau generasi yang lahir antara tahun 1995 – 2010. Pesatnya kemajuan teknologi dan internet membuat generasi Z sudah merasakan banyak kemudahan dari segi fasilitas, akses dan juga kestabilan finansial keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana menciptakan inovasi layanan perpustakaan yang mampu menjawab kebutuhan generasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyesuaian layanan perpustakaan terhadap kepentingan pemustaka dari generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana peneliti mengungkapkan serta memaparkan data sesuai apa yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah pemustaka dari generasi Z. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan kriteria atau penilaian yang diperlukan. Hasil peneltian ini akan bermanfaat bagi UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta. Manfaat teoritis yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang kebijakan layanan publik dan manfaat praktis yaitu sebagai masukan bagi lembaga agar kebijakan atau program yang dilaksanakan dapat lebih maksimal. Informan pada penelitian ini adalah pemustaka (pengguna perpustakaan) kelahiran 1995 sampai 2010. Objek penelitian mengenai karakteristik pemustaka.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Hartono, Agungnip197310172001121002
Uncontrolled Keywords: Layanan ,Perpustakaan, Karakteristik Pemustaka, Generasi Z
Subjects: Karya Ilmiah Pustakawan
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:04
Last Modified: 09 Jan 2023 01:04
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13112

Actions (login required)

View Item View Item