Sulistiyono, Arif (2020) Penciptaan Film Seri Animasi “Sahabat Pancasila” Sebagai Media Pendidikan Moral Pancasila di Kanal Youtube. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.
Text
Arif Sulistiyono.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB I Arif Sulistiyono.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB VI Arif Sulistiyono.pdf Download (64kB) |
|
Text
LAMPIRAN Arif S.pdf Download (46kB) |
|
Text
JURNAL Arif S.pdf Download (519kB) |
Abstract
Banjirnya informasi di era revolusi industri keempat berakibat pada perubahan perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi informasi. Hal ini juga berimbas pada dunia pendidikan sehingga mengakibatkan perilaku belajar anakanakdan generasi muda saat ini lebih cenderung suka memanfaatkan mediaalternatif seperti halnya media sosial, Google dan YouTube sebagai perangkat bantu belajar dibandingkan dengan belajar teoritis secara konvensional. Fenomenaini harus dengan cepat ditangkap oleh para pendidik agar mulai berinovasimendekatkan informasi kepada generasi sekarang dengan memanfaatkan mediatersebut. Strategi-strategi belajar yang baru haruslah mengadopsi media dankonten-konten yang disukai oleh siswa agar unsur keaktifan dan keterlibatan siswasemakin baik. Pancasila sebagai ideologi bangsa sudah sepantasnya diajarkan dengan melakukan inovasi pendekatan-pendekatan yang dinamis terhadap perkembangan jaman. Penanaman ideologi dengan cara konvensional harus didampingi dengan media alternatif yang disukai oleh generasi saat ini. Nilai-nilai praktis pengamalanPancasila harus dijaga agar bangsa ini tidak lupa akan jati dirinya sebagai bangsa yang beragam namun tetap satu utuh. Pendekatan kepada anak-anak sebagai pendidikan dini sangatlah mudah didekati dengan media film animasi. Kompleksitas konflik sosial dapat disederhanakan dan didekatkan dengan mudah ke dunia anak-anak dengan strategi penyajian media film animasi. Aspek kedekatan inilah yang menjadi strategi utama usulan penciptaan film animasi “Sahabat Pancasila” sebagai sebuah media pendidikan moral Pancasila di kanal media YouTube. Kanal ini dipilih karena merupakan kanal yang paling banyak dikunjungi dan sudah sangat familiar di kalangan anak-anak. Proses penciptaan film animasi “Sahabat Pancasila” dilakukan dengan kerangka kerja proses produksi film animasi pada umumnya, yaitu diawali dengan tahap pra-produksi yang kemudian dilanjutkan dengan tahap produksi serta diakhiri dengan tahapan post-produksi. Tahapan distribusi dilakukan setelah post-produksi selesai dengan mendaftarkan kanal “Sahabat Pancasila” di situs YouTube dan mulai mengunggah karya hasil produksi supaya dapat dinikmati oleh khalayak ramaidengan dibantu melalui promosi dan sosialisasi karya secara dari melalui mediasosial lainnya. Evaluasi karya dilakukan dengan merekam tanggapan dan responpenonton melalui media YouTube. Hasil tersebut kemudian akan menjadi bahanevaluasi pengembangan bagi keberlanjutan karya berikutnya. Berdasarkan capaian tersebut, maka hasil akhir yang didapat adalah produk film animasi yang telahmemiliki hak cipta dengan status granted dan hasil evaluasi yang dituangkan dalambentuk artikel ilmiah di jurnal terakreditasi SINTA-2 dengan status accepted. Dikarenakan produk film animasi “Sahabat Pancasila” telah didistribusikan dalamkanal media YouTube dan dapat disajikan dalam lingkungan yang relevan, makahasil tersebut sesuai TKT tingkat ke-6.
Item Type: | Other | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | animasi edukasi, pendidikan moral, Sahabat Pancasila | |||||||||
Subjects: | Karya Dosen | |||||||||
Divisions: | Repository ISI Yogyakarta | |||||||||
Depositing User: | FL Agung Hartono | |||||||||
Date Deposited: | 12 Jan 2023 02:04 | |||||||||
Last Modified: | 06 Apr 2023 03:54 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13120 |
Actions (login required)
View Item |