Penciptaan Seni Gim Edukasi Pancasila Dengan Model Role-Playing Game

Gunanto, Samuel Gandang (2020) Penciptaan Seni Gim Edukasi Pancasila Dengan Model Role-Playing Game. UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta, UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta.

[img] Text
Samuel Gandang Gunanto.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I Samuel.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB VI Samuel.pdf

Download (69kB)
[img] Text
JURNAL Samuel.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh keterlibatan siswa dalam setiap proses pencapaian tujuan pembelajaran. Aspek keterlibatan ini meliputi aspek perilaku, emosi, dan kognitif. Pembelajaran mengenai nilai-nilai sosial dan moral tidak hanya bisa diajarkan melalui teoritis saja, contoh pengamalan dan rasa keterlibatan siswa dalam menghayatinya membutuhkan strategi pembelajaran tersendiri. Indonesia sebagai bangsa yang heterogen memiliki sebuah pedoman nilai-nilai berbangsa yang sudah diyakini mampu mempersatukan bangsa ini dari jaman perjuangan sampai pada masa pembangunan saat ini. Nilai-nilai ini terkandung dalam dasar negara Indonesia,yaitu Pancasila. Pancasila selaku pandangan hidup dan jiwa kepribadian bangsa Indonesia saat ini mulai terkikis dengan adanya laju kebebasan informasi yang terbuka akibat adanya revolusi industri keempat. Strategi baru untuk media edukasi Pancasila dengan mempertimbangkan perilaku belajar generasi sekarang sangatlah diperlukan. Gim selaku media edukasi modern sangat efektif sebagai media yang mampu menghadirkan situasi belajar yang komprehensif. Oleh karena itu penelitian terapan ini bertujuan untuk merancang dan menciptakan seni gim edukasi Pancasila dengan melakukanpengembangan model role-playing game yang memiliki strategi pemeranan yang mampu menghadirkan aspek keterlibatan siswa dalam proses belajar secara virtual dalam bentuk peran si karakter utama dalam gim. Penciptaan gim edukasi Pancasila dengan model role-playing game dilakukan dengan tahapan produksi sebuah game dua dimensi dan mengimplementasi metode penciptaan perangkat lunak SDLC waterfall. Metode ini memiliki lima buah tahapan penciptaan seni gim, yaitu: tahap analisis kebutuhan, tahap desain sistem, tahap penulisan kode program, tahap pengujian program, dan tahap penerapan program. Setiap akhir tahapan yang dilalui akan dilakukan uji standar kesiapan produk sehingga mampu menghasilkan purwarupa yang handal. Hasil akhir yang ingin dicapai selain luaran wajib, berupa artikel ilmiah jurnal terakreditasi SINTA-2 dengan status accepted dan perolehan kekayaan intelektual hak cipta dengan status granted, adalah sebuah purwarupa gim edukasi Pancasila dengan model role-playing game yang dapat dimainkan dengan piranti bergerak dan dapat mendemonstrasikannya dalam lingkungan yang relevan atau sesuai TKT tingkat 6.

Item Type: Other
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Gunanto, Samuel Gandangnip19801016 200501 1001
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDSaragih, Martin Paskah Isuranim1900270033
Uncontrolled Keywords: Pancasila, seni gim,role playing
Subjects: Karya Dosen
Divisions: Repository ISI Yogyakarta
Depositing User: FL Agung Hartono
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:14
Last Modified: 10 Apr 2023 03:12
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item View Item