Penerapan Teknologi Mesin Klowong Batik Dalam Pembuatan atik Bergaya Pop Pada Busana Ready to Wear Dengan Inspirasi Motif Gorga Adop-Adop

Apriyani, Yayuk (2023) Penerapan Teknologi Mesin Klowong Batik Dalam Pembuatan atik Bergaya Pop Pada Busana Ready to Wear Dengan Inspirasi Motif Gorga Adop-Adop. Masters thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
YAYUK APRIYANI_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
YAYUK APRIYANI_2023_BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
YAYUK APRIYANI_2023_BAB PENUTUP.pdf

Download (5MB)
[img] Text
YAYUK APRIYANI_2023_LAMPIRAN 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Video
YAYUK APRIYANI_2023_LAMPIRAN 2.mp4

Download (71MB)
[img] Text
Yayuk Apriyani_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
Official URL: http://digilib.isi.ac.id/

Abstract

Teknologi menjadi life style generasi muda saat ini yang menyebabkan industri kerajinan batik tradisional tidak menjadi lapangan pekerjaan yang diminati generasi muda. Pengrajin batik pun kini tinggal para lanjut usia, dan masih sangat sulit dilakukan regenerasi pada bidang kerajinan batik. Perlu adanya penyesuaian antara perkembangan zaman dan budaya tradisional agar generasi muda tertarik untuk mengembangkan batik. Langkah penyesuaian yang dapat dilakukan adalah memproses batik dengan berbasis teknologi tanpa meninggalkan dasar dalam membatik itu sendiri. Salah satu teknologi yang dikembangkan pada Industri batik saat ini adalah mesin klowong batik. Batik pop berbasis teknologi adalah batik kontemporer bergaya popular dengan sebagian proses teknik produksi menggunakan teknologi mesin klowong batik tanpa meninggalkan kaidah dasar membatik. Peneliti tertarik mengangkat Gorga Adop-adop sebagai inspirasi atas karya tugas akhir ini karena Gorga Adop-adop tidak hanya memiliki makna filosofi yang tinggi tetapi ornamen Gorga Adop-adop merupakan salah satu keindahan organ tubuh wanita yang memiliki tugas sangat mulia yaitu memberi kehidupan pada penerusnya. Gorga Adop-adop melambangkan bentuk payudara wanita muda yang sangat menarik, erotis dan menampilkan keindahan seni yang tinggi dari sang pencipta sehingga erotisme dan keindahan seni Gorga Adop-adop akan lebih mudah mengimajinasi jiwa seni anak muda untuk mengembangkan karya dengan inspirasi seni Gorga Adop-adop pada desain motif batik bergaya muda. Dengan menggunakan pendekatan estetika, semiotika, dan ornamen serta metode penciptaan perancangan tekstil, penciptaan ini membahas bagaimana implementasi ukiran Gorga Adop-adop menjadi inspirasi motif batik bergaya pop berbasis teknologi mesin klowong batik. Penelitian menunjukkan bahwa proses batik berbasis teknologi mesin klowong batik dapat menjadi solusi atas permasalahan sulitnya regenerasi pengrajin batik tradisional dan ukiran Gorga Adop-adop sebagai inspirasi motif batik bergaya pop dengan proses batik berbasis teknologi merupakan keunikan yang menjadi pembeda dengan motif batik kontemporer lainnya pada busana ready to wear.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Apriyani, YayukNIM. 2021296411
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorWidodo, Suryo TriNIDN. 0022047304
Thesis advisorLufiani, AlviNIDN. 0030047406
Department: KODEPRODI91101#Penciptaan Dan Pengkajian Seni
Uncontrolled Keywords: batik, batik berbasis teknologi, Gorga Adop-adop , busana ready to wear
Subjects: Penciptaan dan pengkajian seni
Divisions: Pascasarjana > S2 Studi Penciptaan dan pengkajian seni
Depositing User: Yayuk Apriyani
Date Deposited: 07 Feb 2023 05:09
Last Modified: 07 Feb 2023 05:09
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13182

Actions (login required)

View Item View Item