Perancangan desain Area Bermain Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19

Febriyantoko, Danang and Prinayoma, Adika (2021) Perancangan desain Area Bermain Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19. Project Report. Lembaga Penelitian ISI Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Danang Febriyantoko_2021_Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Danang Febriyantoko_2021_Bab I.pdf

Download (779kB)
[img] Text
Danang Febriyantoko_2021_Bab VI.pdf

Download (718kB)
[img] Text
Danang Febriyantoko_2021_Terbitan Jurnal.pdf

Download (653kB)
Official URL: http://lib.isi.ac.id

Abstract

Pandemi Covid-19 telah merubah tatanan dunia dan memberikan dampak dan perubahan yang luar biasa dari segala bidang, baik kesehatan, ekonomi, sosial-budaya,termasuk juga dunia pendidikan anak usia dini. Meskipun resiko kesehatan akibat infeksi Corona virus bagi anak relatif rendah dibandingkan kelompok usia yang lebih tua, namun anak-anak berpotensi mengalami dampak yang lebih serius akibat beragam dampak sekunder baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Anak-anak merupakan korban yang tidak terlihat karena keterbatasan interaksi sosial membuat proses belajar dan bermain menjadi terhambat yang berpotensi menimbulkan dampak psikis dan motorik bagi tumbuh kembang anak usia dini yang sedang berada di masa ke-emasan (golden period). Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan penyesuaian ruang bermain anak usia dini yang dilakukan oleh sekolah (playgroup) dan orang tua di rumah pada masa pandemi Covid-19 sehingga didapatkan usulan desain area bermain anak yang mempertimbangkan aspek kebutuhan anak usia dini Anak usia dini merupakan individu yang sedang mengalami proses tumbuh kembang yang sangat mendasar bagi kelanjutan kehidupan di kemudian hari. Dunia anak adalah dunia bermain, semua aktifitas keseharian anak-anak sebagian besar dihabiskan untuk bermain, dengan cara bermain anak-anak dapat menjelajahi lingkunganya dan belajar mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Pendidikan anak usia dini harus menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan tatanan dalam proses belajar dan bermain, dengan pendekatan kualitatif dan metode photovoice penelitian ini akan membedah permasalahan setting area bermain yang diperlukan oleh anak usia dini dalam masa pandemi, metode photovoice akan memberikan ruang yang lebih luas kepada pihak sekolah dan orang tua untuk menceritakan permasalahan sekaligus strategi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan area bermain anak usia dini. Sebagai proses perancangan desain metode yang digunakan adalah metode desain thinking yang dimulai dengan fase discovery, interpretation, ideation, experimentationdan evolution Penelitian ini akan fokus pada pola adaptasi yang dilakukan oleh playgroup maupun orang tua dalam mensiasati ruang bermain anak usia dini, hasil dari penelitian diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap perkembangan dunia pendidikan anak usia dini terutama di era destruptif dimana semua lini kehidupan memerlukan penyesuaian ulang dalam memberikan pelayanan pendidikan yang optimal di masa pandemi Covid-19. Data yang didapat darisekolah dan orang tua akan dijadikan pedoman untuk memberikan usulan desain ruangbermain anak dengan menggunakan kriteria desain ruang bermain anak yang mencakup aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, kemudahan, keamanan, dan keindahan. Luaran dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternative solusi bagi terciptanya lingkungan bermain anak usia dini yang baik

Item Type: Monograph (Project Report)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Febriyantoko, Danangnidn0009028703
Prinayoma, Adikanim1812189023
Department: KODEPRODI90221#DESAIN INTERIOR
Uncontrolled Keywords: desain interior, area bermain, anak usia dini, pandemi
Subjects: Disain > Disain Interior
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Interior
Depositing User: sugeng SW wahyuntini
Date Deposited: 05 Feb 2023 13:22
Last Modified: 05 Feb 2023 13:22
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13264

Actions (login required)

View Item View Item