Kritik Kapitalisme Dibalik Tanda Visual melalui Mise En Scene pada Film The Platform Ditinjau dengan Teori Semiotika Roland Barthes

Shania, Widhia (2022) Kritik Kapitalisme Dibalik Tanda Visual melalui Mise En Scene pada Film The Platform Ditinjau dengan Teori Semiotika Roland Barthes. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
WIDHIA SHANIA_2022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
WIDHIA SHANIA_2022_BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
WIDHIA SHANIA_2022_BAB V.pdf

Download (545kB)
[img] Text
WIDHIA SHANIA_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy

Abstract

Mise en scene adalah setiap hal yang terlihat di dalam sebuah frame film. Mise en Scene sendiri meliputi beberapa aspek, antara lain : Setting, pemain, blocking, kostum, dan lighting. Film The Platform merupakan salah satu film yang memiliki mise en scene yang menarik untuk dikaji. Penelitian dengan judul “Kritik Kapitalisme Dibalik Tanda Visual melalui Mise En Scene pada Film The Platform Ditinjau dengan Teori Semiotika Roland Barthes” ini bertujuan untuk menganalisa tanda visual yang terkandung dalam mise en scene yang digunakan sebagai makna ending pada film The Platform. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Unit analisis yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah : Pemain, setting, dan properti. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan teori Roland Barthes yang berfokus pada proses pemaknaan tanda yang dikaitkan berdasarkan makna denotasi, konotasi dan mitos. Film The Platform adalah sebuah alegori dari fakta kehidupan yang keseluruhan cerita dalam film secara tersirat divisualkan lewat tanda visual berupa simbol. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa film The Platform merupakan sarana kritik sosial yang bukan hanya mengkritik seputar kapitalisme, tetapi juga praktik sosialisme yang menimbulkan banyak konflik didalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Shania, Widhianim1710878032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorKustanto, Liliknidn0013037405
ContributorRoro Ari Prasetyowati, Radennidn0014057902
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI
Uncontrolled Keywords: Film The Platform, Mise En Scene, Semiotika Roland Barthes
Subjects: Televisi > Televisi
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Widhia Shania
Date Deposited: 06 Feb 2023 04:23
Last Modified: 06 Feb 2023 04:23
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13273

Actions (login required)

View Item View Item