Adinda P, Maria Magdalena (2023) Perancangan Adventure Game tentang Jalur Rempah sebagai Edukasi Sejarah bagi Pelajar Remaja. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Text
Maria Magdalena Adinda P_2023_FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
Maria Magdalena Adinda P_2023_BAB I.pdf Download (14MB) |
|
Text
Maria Magdalena Adinda P_2023_BAB V.pdf Download (14MB) |
|
Image
Maria Magdalena Adinda P_2023_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
|
Text
Maria Magdalena Adinda P_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf Download (89kB) |
|
Text
Maria Magdalena Adinda P_2023_NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) | Request a copy |
|
Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found Download (0B) |
Abstract
Jalur Rempah merupakan sejarah penting karena menghubungkan Nusantara dengan dunia sehingga rempah-rempah memiliki nilai yang tinggi pada saat itu. Pengetahuan sejarah akan Jalur Rempah masih kurang terutama bagi para pelajar remaja karena stigma yang melekat bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran yang membosankan serta media pembelajaran yang kurang menarik. Game mobiles sendiri menjadi aktivitas yang paling digemari oleh remaja sehingga game dapat digunakan sebagai media edukasi. Tujuan dari perancangan ini untuk membantu pelajar dalam mempelajari sejarah jalur rempah. Menggunakan metode analisis permasalahan 5W+1H dan Game Development Life Cycle (GDLC) sebagai tahapan pengembangan game ini. Perancangan ini menghasilkan prototipe adventure game dimana pemain harus memecahkan teka-teki untuk menyelesaikan misi tertentu dan pemain dapat memiliki akhir cerita yang berbeda berdasarkan jawaban yang dipilih, permainan ini disertai dengan visual dan motion yang menarik agar pemain memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Department: | KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Jalur Rempah, Sejarah, Game Mobile, Remaja, Media Edukasi | |||||||||
Subjects: | Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Divisions: | Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual | |||||||||
Depositing User: | Maria Magdalena Adinda Pramestiwi | |||||||||
Date Deposited: | 09 Feb 2023 07:59 | |||||||||
Last Modified: | 17 May 2023 06:36 | |||||||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13368 |
Actions (login required)
View Item |