Perancangan Adventure Game tentang Jalur Rempah sebagai Edukasi Sejarah bagi Pelajar Remaja

Adinda P, Maria Magdalena (2023) Perancangan Adventure Game tentang Jalur Rempah sebagai Edukasi Sejarah bagi Pelajar Remaja. Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Maria Magdalena Adinda P_2023_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
Maria Magdalena Adinda P_2023_BAB I.pdf

Download (14MB)
[img] Text
Maria Magdalena Adinda P_2023_BAB V.pdf

Download (14MB)
[img] Image
Maria Magdalena Adinda P_2023_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text
Maria Magdalena Adinda P_2023_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
Maria Magdalena Adinda P_2023_NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=ujYuLklLgYg

Abstract

Jalur Rempah merupakan sejarah penting karena menghubungkan Nusantara dengan dunia sehingga rempah-rempah memiliki nilai yang tinggi pada saat itu. Pengetahuan sejarah akan Jalur Rempah masih kurang terutama bagi para pelajar remaja karena stigma yang melekat bahwa pelajaran sejarah adalah pelajaran yang membosankan serta media pembelajaran yang kurang menarik. Game mobiles sendiri menjadi aktivitas yang paling digemari oleh remaja sehingga game dapat digunakan sebagai media edukasi. Tujuan dari perancangan ini untuk membantu pelajar dalam mempelajari sejarah jalur rempah. Menggunakan metode analisis permasalahan 5W+1H dan Game Development Life Cycle (GDLC) sebagai tahapan pengembangan game ini. Perancangan ini menghasilkan prototipe adventure game dimana pemain harus memecahkan teka-teki untuk menyelesaikan misi tertentu dan pemain dapat memiliki akhir cerita yang berbeda berdasarkan jawaban yang dipilih, permainan ini disertai dengan visual dan motion yang menarik agar pemain memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Adinda P, Maria Magdalenanim1812487024
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorHaryanto, Andinidn0025118007
ContributorIndrayana, Andikanidn0013118201
Department: KODEPRODI90241#DESAINKOMUNIKASIVISUAL
Uncontrolled Keywords: Jalur Rempah, Sejarah, Game Mobile, Remaja, Media Edukasi
Subjects: Disain > Disain Komunikasi Visual
Divisions: Fakultas Seni Rupa > Jurusan Disain > Disain Komunikasi Visual
Depositing User: Maria Magdalena Adinda Pramestiwi
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:59
Last Modified: 17 May 2023 06:36
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13368

Actions (login required)

View Item View Item