Ramadhani, 1311976013 (2017) Teknik Gitar Flamenco dan Penerapannya Pada Repertoar “Punta Umbria” Karya Paco De Lucia (1947-2014). Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
|
Text
1. Bab I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
2. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
||
Text
3. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text
4. BAB IV.pdf Download (973kB) | Preview |
|
Text
5. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text
ramadhani-e-jurnal.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang teknik-teknik permainan gitar flamenco, memperoleh teknik dan cara paenerapan pada gitar flamenco pada “Punta Umbria”, dapat menerapkan dan menguasai teknik-teknik gitar flamenco pada repertoar “Punta Umbria”.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Tujuh tahapan yang dilalui, yaitu: (1) Mencari bahan penelitian berupa score repertoar “Punta Umbria”, (2) Mengumpulkan data sebagai sumber pendukung penelitian berupa sampel audio video dan buku-buku referensi yang berkaitan dengan kajian ini, (3) Membaca dan melatih repertoar “Punta Umbria”, (4) Mengindentifikasi bagian-bagian teknik yang sulit dalam karya tersebut, (5) Mempelajari cara memainkan bagian-bagian teknik sulit tersebut, baik melalui kajian pustaka maupun pengamatan diskografis, (6) Mendeskripsikan karakteristik jenis-jenis teknik yang terindentifikasi beserta cara memainkanya, (7) Menyusun penulisan secara sistematis. Hasil penelitian ini adalah (1) Penguasaan simbol-simbol pada anatomi jari istilah tersebut yaitu: jari jempol = pulgar /p, jari telunjuk = indice /i, jari tengah = medio /m, jari manis = anular /a, jari kelinging = menique /q, (2) Teknik permainan gitar flamenco pada repertoar Punta Umbria yaitu: a) Teknik Slide, b) Teknik Barre, c) Teknik Pulgar, d) Teknik Pulgar-DownSroke, e) Teknik Ayudado, f) Teknik Golpe, g) Teknik Rasgueo, h)Teknik Picado, i) Ascending Slurs (Hammer-ons), j) Descending Slurs (Pull-off), k) Teknik Arpeggio, (3) Faktor latihan teknik yang benar dan terus-menerus berlatih akan membuat seorang gitaris mampu menguasai repertoar Punta Umbria karya Paco de Lucia. Mengingat bahwa dalam repertoar Punta Umbria karya Paco de Lucia terdapat bagian-bagian dengan permainan teknik tangan yang cepat dan lincah, yang menuntut kecepatan dalam memainkiannya, maka seorang pemain gitar flamenco perlu melatih kecepatan dari teknik picado dan rasgueo. Jika teknik permainan gitar flamenco ini tidak dilatih dengan benar maka mustahil dapat menguasainya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||
Department: | UPT Perpustakaan ISI Yogyakarta | ||||
Additional Information : | 1. Hadi Susanto 2. Rahmat Raharjo | ||||
Uncontrolled Keywords: | Teknik Gitar Flamenco, Punta Umbria, Kulitatif, Paco de Lucia | ||||
Subjects: | Musik > Pengkajian seni musik (musikologi dan pendidikan musik) | ||||
Divisions: | Fakultas Seni Pertunjukan > Jurusan Musik | ||||
Depositing User: | jody JS Santoso | ||||
Date Deposited: | 23 Mar 2017 02:59 | ||||
Last Modified: | 23 Mar 2017 02:59 | ||||
URI: | http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/1338 |
Actions (login required)
View Item |