Warna Komplementer dalam Mise-en-Scene sebagai Visualisasi Konflik Interpersonal pada Penyutradaraan Film "Sesaat Sebelum Terucap"

Berliana Meisani, Anisa (2022) Warna Komplementer dalam Mise-en-Scene sebagai Visualisasi Konflik Interpersonal pada Penyutradaraan Film "Sesaat Sebelum Terucap". Skripsi thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

[img] Text
Anisa Berliana Meisani_2022_FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218MB) | Request a copy
[img] Text
Anisa Berliana Meisani_2022_BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Anisa Berliana Meisani_2022_BAB PENUTUP.pdf

Download (315kB)
[img] Text
Anisa Berliana Meisani_2022_PERNYATAAN PERSETUJUAN-PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Video
maxresdefault.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Video
sh: 1: /usr/bin/youtube-dl: not found

Download (0B)
Official URL: https://www.youtube.com/watch?v=FfISt2o7yN8

Abstract

Konflik interpersonal yang terjadi antar karakter pada Film “Sesaat Sebelum Terucap” disebabkan adanya motivasi, aksi, serta tujuan masing-masing karakter yang saling bertentangan. Objek penciptaan karya ini bercerita tentang seorang wanita yang terdesak untuk mengungkapkan keputusan hidup tanpa anak ketika mertuanya meminta ia mengadopsi karena dianggap tidak bisa memberikan keturunan. Permintaan tersebut justru memunculkan konflik yang disebabkan adanya perbedaan keinginan antara karakter protagonis dan antagonis. Skripsi penciptaan seni ini dibuat dengan tujuan untuk memvisualisasikan konflik interpersonal melalui warna komplementer pada komponen mise-en-scene meliputi setting, wardrobe, dan lighting. Interpretasi bentuk penyutradaraan terhadap setiap pertentangan yang terjadi diterapkan melalui penggunaan warna komplementer yang memiliki sifat kontradiktif dan memiliki kontras tinggi karena warna-warna tersebut memiliki jarak paling jauh dalam lingkaran warna. Pemilihan warna merah dan hijau berdasar pada psikologi warna yang mengartikan merah dengan karakter kuat, dominan, dan berkuasa sebagai visualisasi karakter antagonis, sedangkan hijau digunakan untuk menghadirkan ketenangan dalam film sebagai visualisasi karakter protagonis. Implementasi warna komplementer pada scene yang memuat konflik interpersonal terdapat pada delapan scene dari keseluruhan sembilan scene. Hasil penciptaan karya ini menunjukkan bahwa warna komplementer dalam komponen mise-en-scene meliputi setting, wardrobe, dan lighting dapat digunakan sebagai tanda untuk memvisualisasikan konflik interpersonal karena memiliki sifat kontradiktif sama halnya dengan kotradiksi tujuan antar karakter yang termuat dalam konflik interpersonal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Creators:
CreatorsNIM/NIP/NIDN/NIDK
Berliana Meisani, Anisanim1810900032
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ContributorRakhman Hakim, Latiefnidn0014057902
ContributorRino Pungkiawan, Piusnidn0518109101
Department: KODEPRODI91261#TELEVISI DAN FILM
Uncontrolled Keywords: Warna komplementer, Mise-en-Scene, Konflik interpersonal
Subjects: Audio Visual
Divisions: Fakultas Seni Media Rekam > Jurusan Televisi > Program Studi S1 Televisi
Depositing User: Anisa Berliana Meisani
Date Deposited: 13 Feb 2023 01:19
Last Modified: 01 Dec 2023 07:32
URI: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13417

Actions (login required)

View Item View Item